Jelang Galungan WBP Rutan Negara Mepatung

picsart 11 08 09.35.44
MEPATUNG - Kegiatan mepatung yang dilaksanakan warga binaan Rutan Negara, Senin (8/11/2021).

Negara, DENPOST.id

Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, masyarakat Hindu melaksanakan tradisi mepatung. Tradisi ini tidak hanya dilaksanakan masyarakat umum, namun juga dilaksanakan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) rutan kelas II B Negara, Senin (8/11/2021).

Meskipun mereka menjalani hukuman dan berada di dalam sel tahanan, namun tradisi mepatung yang biasa dilaksanakan pada penampahan Galungan atau Kuningan bagi warga binaan yang beragama Hindu tetap bisa dirasakan.

Kepala Rutan Kelas II B Negara, Bambang Hendra Setyawan didampingi Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, I Nyoman Tulus Sedeng, mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan.
Kegiatan dilaksanakan di Grita Vinaya Farm Rutan Negara.

Empat ekor babi hasil pembinaan warga binaan Rutan Negara yang tergabung dalam pokja peternakan babi dipotong.
Kegiatan pemotongan daging babi dimulai dari hari Minggu (7/11/2021) pukul 23.00 wita sampai hari Senin (8/11/2021) pukul 05.00 wita. Berat babi yang dipotong kurang lebih 60 kg.

Baca juga :  Puluhan Peserta Dilatih Teknik Penyelamatan di Air

Proses pemotongan daging babi dilakukan oleh WBP pokja peternakan dengan pengawasan oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan serta staf Pengelola Pembinaan Kemandirian.
Daging babi yang telah dipotong dibagikan kepada 52 orang petugas rutan serta 8 orang WBP pada pokja peternakan babi yang nantinya akan diberikan kepada keluarga WBP.

Terdapat total 25 orang warga binaan yang melakukan pembinaan di bidang peternakan, perikanan dan perkebunan. Namun daging babi hanya diberikan pada 8 orang yang bekerja di peternakan babi dan bergama Hindu sedangkan yang lainnya diberikan paket konsumsi sejumlah daging tersebut. Prosesi pengambilan daging babi dilakukan dengan tetap mengedepankn protokol kesehatan baik bagi petugas maupun keluarga WBP.

Baca juga :  Gali Sumur, Sujana Terkubur Delapan Jam

Untuk masing-masing bagian kurang lebih beratnya 3 kg. Kegiatan pengambilan daging babi dimulai pada Senin (8/11/2021) pagi sampai selesai.
“Tradisi mepatung sebagai bentuk saling berbagi di Hari Raya Galungan,” kata Bambang Hendra.
Apalagi bagi warga binaan bisa memberikan daging babi kepada keluarga mereka merupakan kebanggaan bagi mereka sehingga walau mereka jauh dari keluarga namun masih tetap bisa merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini