Ekonomi Rakyat Belum Pulih, Desa Guwang Bagikan Puluhan Ton Beras

picsart 11 08 04.27.11
BANTUAN - Bendesa Adat Desa Guwang, Ketut Karben Wardana menyerahkan bantuan beras kepada 1.364 KK krama belum lama ini.

Gianyar, DENPOST.id

Guna membantu warga dalam menyambut hari Raya Galungan dan Kuningan, sekaligus meringankan beban ekonomi di masa pandemi Covid-19, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dan Desa Adat Guwang menyalurkan bantuan beras  20 ton lebih kepada warga Desa Adat Guwang. Penyaluran dilakukan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing banjar bertempat di masing-masing banjar di Desa Guwang. Bantuan 20 ton beras ini untuk membantu 1.364 KK krama mipil di 7 banjar. Selain itu, masing-masing keluarga mendapatkan 2 liter minyak goreng.

Bendesa Adat Desa Guwang, Ketut Karben Wardana, Senin (8/11/2021)  mengatakan, upaya ini dilakukan mengingat belum pulihnya perekonomian warga Desa Adat Guwang akibat terjangan pandemi Covid-19. Apalagi sebagian besar warga berkecimpung di bidang pariwisata. “Kami memahami keadaan masyarakat di Desa Guwang banyak yang masih belum pulih benar perekonomiannya. Yang kami beri tidak seberapa, namun ini bentuk kepedulian Desa Adat dan LPD Guwang kepada warganya,” ujar Karben Wardana.

Baca juga :  Temukan Pelanggar Masker, Tim Gabungan Gianyar Berikan Sanksi Ini

Dikatakannya, 1.364 krama mipil tersebar di 7 banjar adat yakni Banjar Sakih, Banjar Wangbung, Banjar Tegal, Banjar Manikan, Banjar Dangin Jalan, Banjar Tatagdan Banjar Bulu.
Sumber dana penyaluran bantuan ini berasal dari dana Desa Adat Guwang dan LPD Desa Adat Guwang.

Karben menambahkan, bantuan berupa beras dan minyak goreng ini merupakan simbol penganugerahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa kepada warga desa adat. Sebab sebelum dibagikan, beras dan minyak goreng ini dimohonkan anugerah Ida Sang HyangWidhi Wasa di Pura Khayangan Tiga dan Ratu Tabeng di Desa Adat di Guwang agar bermanfaat bagi penerima.

Baca juga :  Hujan Lebat, Jalan Raya Objek Wisata Ceking Longsor

Ketua LPD Guwang, I Wayan Wata, menyampaikan, terima kasih kepada warga Desa Adat Guwang yang selama ini sudah mendukung keberadaan LPD untuk meningkatkan kesejahteraan warga dalam hal penyaluran kredit, serta menaruh uangnya dalam bentuk tabungan dan deposito. Di mana labanya bisa dipergunakan untuk kegiatan bidang Parahyangan, Pawongan dan Palemahan.

Penyaluran bantuain ini rutin dilakukan Desa Adat dan LPD Guwang selama masa pandemi Covid-19, agar masyarakat Desa Adat Guwang diringankan dalam menjalankan hari raya di masa pandemi.

Baca juga :  Dua Hari Beruntun, Anjing Liar Gigit Enam Warga

Dalam kesempatan tersebut, warga juga diimbau agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) yakni selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga imun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Warga menyambut gembira bantuan yang diberikan Desa Adat dan LPD Desa Guwang. Hal ini dikarenakan pandemi yang berkepanjangan membuat banyak warga mengalami kesulitan secara ekonomi. “Saya merasa bersyukur dapat bantuan berasa dan minyak goreng. Apalagi di masa pandemi ini harga minyak goreng sangat tinggi dan saya sangat membutuhkannya untuk menggoreng jajan untuk banten upacara. Semoga pandemi ini lekas berlalu, sehingga ekonomi dan kehidupan masyarakat kembali normal,” harap Ni Nyoman Mikun, warga Banjar Sakih. (116/suryaningsih)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini