Cegah Resiko Tertular Covid-19, Pasar Umum di Klungkung Terapkan Transaksi QRIS

picsart 11 08 07.15.26
TUNJUKKAN QRIS - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, bersama pedagang menunjukkan program QRIS di Pasar Semarapura, Senin (8/11/2021)

Semarapura, DENPOST.id

Pasar-pasar umum di Kabupaten Klungkung dari Pasar Seni Semarapura, Pasar Galiran dan Pasar Kusamba, resmi melayani transaksi digital berbasis QR Code Indonesian Standard (QRIS). Peresmian dilakukan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, bersama Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta; Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, dan Anggota Komisi XI DPRD Bali, Agung Rai Wijaya, di area parkir Pasar Seni Semarapura, Senin (8/11/2021).

Menurut Bupati Suwirta, teknologi aplikasi QRIS ini sangat efisien dan efektif dari berbagai segi. Baik itu, untuk kesehatan. Apalagi pembayarannya lewat non tunai, sehingga masyarakat akan aman dan terhindar dari resiko tertular Covid-19, karena tidak menyentuh uang. “Terima kasih kepada Bank Indonesia (BI) karena upaya digitalisasi ini selaras dengan situasi pandemi Covid-19 ini. Ke depan digitalisasi akan menjadi kebutuhan seiring peningkatan penggunaan teknologi pintar oleh masyarakat. Untuk itu, modernisasi pasar harus kita tunjukkan dari awal dengan demikian akan diikuti pula oleh pengunjung pasar,” ujar Bupati Suwirta.

Baca juga :  Belum Tervaksin, 96 Persen Kematian di Buleleng

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan kalau program tersebut, diluncurkan untuk mendukung pedagang-pedagang di pasar tradisional supaya maju dan berkembang di era digital.

Apalagi implementasi transformasi digital sistem pembayaran di pasar tradisional untuk kepentingan pedagang dan pembeli. “QR Code Indonesian Standard (QRIS) ini dapat menjadi pintu masuk pedagang untuk bekerjasama dengan bank dalam memperoleh pembiayaan kredit dan juga masuk ke marketplace,” katanya.

Baca juga :  Lagi, Satu Orang Pasien Covid-19 di Jembrana Meninggal

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan kalau pedagang mau tidak mau harus menerapkan teknologi QRIS ini. Karena dengan teknologi menggunakan QR Code melalui smartphone ini, akan menjadi lebih aman, cepat, serta mudah. “Terima kasih kepada BI dan BPD yang terus mensosialisasikan penggunaan QRIS. Mudah – mudahan niat baik BI dan BPD mendapat apresiasi masyarakat di Bali,” ujar Wagub Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Baca juga :  Angkutan Siswa Gratis di Klungkung Mulai Beroperasi

Acara diakhiri dengan berbelanja produk UMKM oleh Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, bersama Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta; Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, dan Anggota Komisi XI DPRD Bali, Agung Rai Wijaya, dengan transaksi QRIS. (c/119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini