Buka Saat Libur Galungan, Pokdarwis Passih Terapkan Prokes Ketat

picsart 11 12 12.19.15
PANTAI - Pengunjung saat menikmati pemandangan di Objek Wisata Pantai KISS (Karang Impian Swing Sumbersari) Desa Melaya.

Negara, DENPOST.id

Pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM Darurat membawa dampak signifikan pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Passih yang mengelola Objek Wisata Pantai Karang Impian Beach Swing and Camping Ground/
KISS (Karang Impian Swing Sumbersari)
di Banjar Sumbersari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya.
Akibat PPKM Darurat, usaha mereka sempat tutup total sehingga anggota pokdarwis nganggur. Namun seiring perkembangan kasus Covid-19 yang kini makin melandai, objek wisata KISS kini kembali dibuka.

Ketua Pokdarwis Pasih yang juga Bendesa Adat Sumbersari, Ketut Subanda Birangga, Jumat (12/11/2021) mengakui pihaknya membuka objek ini di Hari Raya Galungan.
Pokdarwis Passih yang mengelola objek wisata pantai KISS ini tetap menerapkan prokes selama pandemi.

Diharapkannya dengan dibukanya objek wisata ini selain memberi fasilitas refresing kepada masyarakat, juga bisa melakukan pemberdayaan ekonomi anggota. Selain itu agar objek wisata tetap eksis dan berkelanjutan. “Khawatirnya nanti jika sudah terlanjur  ditutup objek tidak terawat dan ditinggalkan. Ini meskipun kami buka tapi pengunjung kami batasi. Kami tetap berlakukan prokes,” jelas Subanda.

Prokes ketat diberlakukan ketika pengunjung mulai masuk Objek Wisata Pantai Karang Impian. Mulai keharusan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Bahkan Satgas Covid-19 yang ada di desa adat juga rutin patroli di objek wisata pantai.

Baca juga :  Jembrana Cadangkan Beras 100 Ton

Subanda berharap pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga objek wisata pantai Karang Impian lebih maju dan perekonomian lebih meningkat.

Pantai Karang Impian memang  tidak sepopuler Pantai Medewi yang terkenal sebagai spot surfing atau Pantai Perancak yang terkenal dengan panorama matahari terbenamnya (Perancak Sunset Point).
Namun panorama yang ditawarkan di Pantai Sumbersari tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di Bali Barat. Pantai yang berpasir hitam dengan area yang sangat luas ini cocok dikunjungi bagi yang ingin mencari suasana pantai yang sepi dan jauh dari lalu lalang turis asing.

Baca juga :  Kembang dan Tamba Sama-sama Yakin Menang

Selain memiliki area dengan hamparan pasir hitam yang luas yang eksotis. Jika menghadap ke laut, tepat di sebelah kiri pantai ini terdapat batu karang yang menghiasai dan menambah uniknya pantai.
Batu karang  menjadi cikal bakal nama pantai ini menjadi Pantai Karang Impian.

Batu karang ini tepat digunakan sebagai lokasi swafoto  dengan latar belakang laut yang luas.
Jika menoleh ke kanan, akan terlihat hamparan pohon kelapa di kejauhan yang menambah indahnya pantai ini. Bagi pecinta kuliner, di Pantai Sumbersari terdapat warung lesehan yang menjual kuliner ikan bakar yang siap mengoyang lidah para pelancong.

Untuk mencapai Pantai Sumbersari
dari  Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk menempuh jarak sekitar 1 km untuk menuju pantai. Sedangkan dari Kota Negara (ibu kota kabupaten Jembrana) akan menempuh jarak sekitar 23,6 km, sedangkan dari Pelabuhan Gilimanuk berjarak sekitar 13,5 km dengan waktu tempuh sekitar 22 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Baca juga :  Cari Korban, Kabaharkam Mabes Polri akan Terjunkan Penyelam

Jika datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai akan menempuh jarak sekitar 127 km atau dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit perjalanan.
Subanda mengatakan,  pihaknya memperkenalkan objek wisata  pantai Sumbersari melalui berbagai cara. Salah satunya adalah melalui media sosial.
Untuk menunjang pengembangan objek wisata Sumbersari selain telah dibangun villa-villa dan penginapan serta hotel di wilayah itu pihaknya juga berusaha menjaga kebersihan pantai, melakukan penanaman pohon dan juga pernah menanam rumpon untuk membuat karang buatan sehingga bisa menjadi potensi wisata diving.
(120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini