Berjalan Lancar, Pilkel Serentak di Buleleng Tak Timbulkan Klaster Baru

kpps 1
SERENTAK - Proses Pilkel Serentak di salah satu desa di Buleleng beberapa waktu lalu. Secara umum pilkel berjalan lancar dan tidak menimbulkan klaster baru.

Singaraja, DENPOST.id

Pelaksanaan pemilihan perbekel (Pilkel) serentak yang berlangsung pada 31 Oktober 2021 lalu terbilang sukses. Pasalnya proses pemilihan di seluruh lokasi berjalan dengan lancar dan aman tanpa menimbulkan klaster baru Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena, Jumat, (12/11/2021) mengatakan, suksesnya pilkel serentak ini berkat kerja keras seluruh pihak terkait.

“Sampai saat ini tidak ada klaster untuk Covid-19 dari pilkel serentak. Saya berterima kasih kepada Satgas Kabupaten, kecamatan dan desa karena semua telah bergerak sesuai dengan Permendagri 22 tentang pemilihan kepala desa di masa pandemi ini,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, selama proses pemilihan, seluruh pemilih dan penyelenggara pemilihan benar-benar menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Kedatangan pemilih juga diatur agar tidak menimbulkan kerumunan.

Baca juga :  Di Buleleng, Seorang Positif Terpapar dari PDP Kode 80

Sementara terkait hasil pemilihan, Jaya Sumpena mengakui dari seluruh calon perbekel yang bertarung dalam Pilkel serentak, terdapat satu calon yang melaporkan sanggahan. Namun demikian, pihaknya menegaskan bahwa sanggahan dimaksud tidak dapat mempengaruhi hasil dari pemilihan itu sendiri. “Sanggahan dari salah satu calon perbekel itu sudah dalam proses permohonan tanda tangan Bupati Buleleng untuk memberikan jawaban atas sanggahan. Jadi ini tidak mempengaruhi hasil Pilkel serentak,” tegas Jaya Sumpena.

Ditambahkannya, disinggung terkait hasil pilkel, pihaknya menerangkan bahwa dari 30 calon perbekel petahana, sebanyak 17 calon saja yang berhasil lolos atau terpilih menjadi perbekel. “Hampir setengah calon perbekel petahana tidak lolos atau kalah. Kemudian terdapat 23 calon perbekel pendatang baru yang lolos. Nah untuk calon perempuan, hanya dua orang yang lolos, 1 petahana dan 1 lagi pendatang baru,” bebernya.

Baca juga :  Direktur RSUD Buleleng Manfaatkan Taman untuk Sembuhkan Pasien

Dia juga menyampaikan selamat kepada seluruh perbekel yang menang dalam Pilkel serentak, semoga dapat mengemban tugas membangun desa dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, Kadis Jaya Sumpena merencanakan pelantikan perbekel akan dilaksanakan pada bulan Desember tahun 2021 ini. “Kami jadwalkan pelantikan perbekel pada tanggal 18 Desember nanti. Ini atas perhitungan kami bahwa hari itu adalah hari berakhirnya masa jabatan perbekel sebelumnya,” katanya.

I Made Danu, salah seorang warga Buleleng, mengaku sangat mengapresiasi proses pilkel serentak yang berjalan lancar tanpa ada klaster baru Covid-19. “Buktinya hingga hampir dua pekan dari pelaksanaan pilkel, tidak ada klaster baru. Ini karena penyelenggara dan pemilih yang benar-benar taat prokes, sehingga tidak ada penularan,” katanya.

Baca juga :  Titik Kumpul OTG Dipindah ke Dinas Kesehatan

Sebagai warga, Danu mengaku selalu mengikuti imbauan pemerintah terkait disiplin prokes. “Mari selalu terapkan prokes di mana saja kapan saja. Selalu gunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga imun dan menghindari kerumunan agar pandemi Covid-19 cepat berakhir, sehingga kehidupan masyarakat kembali normal,” ajaknya. (118/suryaningsih)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini