Kasus Covid-19 di Badung Terus Menurun

picsart 11 12 08.10.29
SANKSI SOSIAL - Sejumlah pemuda yang kedapatan tidak menggunakan masker di Jembatan Tukad Bangkung, saat diberikan sanksi sosial.

Mangupura, DENPOST.id

Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Badung dalam beberapa Minggu terakhir berangsur-angsur menurun. Sempat mengalami lonjakan hingga ratusan orang per hari di pertengahan tahun, namun di November 2021, kasus tersebut terus menurun.

Bahkan dari data yang dihimpun di lapangan saat hari raya Galungan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Badung turun. Dari data harian pa 11 November 2021, hanya satu orang saja yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, dengan menurunnya kasus ini pemerintah mengharapkan masyarakat supaya tetap taat akan protokol kesehatan (Prokes) yang telah berjalan selama ini.

Koordinator Komunikasi Satgas Covid-19 Kabupaten Badung, IGN Jaya Saputra yang dihubungi, Jumat (12/11/2021) membenarkan data tersebut. “Hingga Kamis (11/11/2021) kasus harian sudah menurun bahkan ada satu saja yang terkonfirmasi. Begitu juga keterisian pasien Covid-19 di 10 rumah sakit yang dirujuk oleh pemerintah jumlahnya juga semakin menurun. Dari 35 IGD di 10 rumah sakit yang disiapkan untuk pasien Covid-19 hanya terisi delapan. Begitu juga dengan BOR isolasi yang disediakan sebanyak 322, tapi yang terisi hanya 13 bed. Sementara ruang intensif yang disediakan 25 dan terisi hanya dua,” paparnya.

Lebih lanjut pihaknya tetap mengimbau masyarakat waspada supaya terhindar dari pandemi Covid-19 gelombang ketiga. “Mari jangan lengah tetap kita lakukan prokes meski telah divaksinasi. Kita berharap dengan semakin turunnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Badung, penataan pariwisata diharapkan bisa bangkit lagi. Kami juga bersama tim yustisi, yaitu Satpol PP Badung tetap rutin melakukan pemantauan agar masyarakat tetap tidak melanggar prokes,” ujarnya.

Baca juga :  Sudah Seminggu Kabel Berjatuhan, Begini Reaksi Bendesa Adat Kutuh

Sementara dihubungi terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan saat Galungan dan Kuningan, pengawasan prokes tetap dilakukan. Pengawasan prokes yang dilakukan berdasarkan SE Bupati Badung No. 944/3231/SETDA 2021, SE Gubernur Bali Nomor 18 tahun 2021 dan Inmendagri Nomor 57 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, dan 2. “Hari ini kami tetap melakukan penegakan prokes, cuma pada hari raya dilakukan dua kali dalam sehari. Kalau hari biasa tiga kali sehari,” ujar Suryanegara

Baca juga :  Dua OTG Dijemput Satgas Terpadu untuk Isolasi Terpusat

Menurut dia, penegakan prokes lebih difokuskan pada sejumlah objek wisata. Seperti di Jembatan Tukad Bangkung, Petang, Taman Punggul Abiansemal, Taman Ayun Mengwi, Pantai Batu Belig, Kuta Utara, Pantai Double Six Kuta, di seputaran simpang MCD, Kuta Selatan. Dari hasil penertiban di Jembatan Tukad Bangkung ditemukan pelanggar 11 orang tanpa masker. Pelanggar ini langsung diberikan sanksi push up di tempat,” ungkapnya. (dewa sanjaya)

Baca juga :  600 Personel Jaga Warga Nekat Mudik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini