Cetak Lulusan Profesional, PNB Siapkan Dua Langkah Strategis

picsart 11 13 10.04.47
TEMU MEDIA - Direktur PNB Bali, I Nyoman Abdi, S.E., M.eCOM., saat bertemu dengan awak media, Jumat (12/11/2021) malam.

Sanur, DENPOST.id

Di tengah ketatnya persaingan perguruan tinggi vokasi di Bali, Politeknik Negeri Bali (PNB) terus berupaya meningkatkan kualitas lulusannya. Untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga menghasilkan sumber daya manusia (SDM) atau lulusan profesional yang berdaya saing internasional, PNB menyiapkan dua langkah strategis yakni memperkuat program SMK Diploma 2 (D2) Fast Track, dan internasionalisasi PNB.

Direktur PNB Bali, I Nyoman Abdi, S.E., M.eCOM., saat bertemu dengan awak media dalam acara di Sector Bar, Sanur, Denpasar, Jumat (12/11/2021) malam mengatakan, untuk program D2 Fast Track ini, sebanyak 8 Program Studi yang diusulkan, sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Bahkan, pada pertengahan tahun 2022 mendatang, program rintisan ini sudah mulai akan digelar.

Baca juga :  Pemasangan Baliho Langgar Kesepakatan, Wandira Nilai KPU Beri Ruang

“Upaya yang kami lakukan ini juga sebagai langkah untuk menjawab tuntutan zaman,” kata Abdi.
Diungkapkannya, pada program D2 Fast Track yang merupakan program pendidikan jalur cepat ini, PNB telah menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam penyelenggaraannya nanti. Ia menyebutkan, ada sebanyak 172 SMK telah bermitra dengan Politeknik Negeri Bali. Pihaknya berharap, kemitraan itu mampu melahirkan banyak SDM yang benar-benar sesuai dan diperlukan DUDI. “Masih ada empat program studi (prodi) yang harus difinalisasi ke depan. Itu yang berkolaborasi dengan SMK dan DUDI,” katanya .

Selain program D2 Fast Track ini, untuk upaya internasionalisasi PNB, Abdi mengatakan, telah menjalin kerjasama dengan sejumlah Perguruan Tinggi di Eropa serta Amerika Serikat. Kerjasama itu akan diikuti dengan program magang mahasiswa PNB ke Eropa dan Amerika Serikat.
“Jadi anak-anak didik kita akan kita arahkan untuk bisa praktik kerja lapangan atau magang di Eropa, yang sudah berangkat tahun ini adalah ke Hungaria. Ke depan akan ada program magang anak-anak kita ke Jerman atau ke negara Eropa yang lain yang tergolong sukses menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi,” ucapnya.

Baca juga :  Soal Hibah, Dinas Pemajuan Desa Adat Mesti Perhatikan Ini

Dia meyakini program magang ke luar negeri tersebut mampu membuka wawasan mahasiswa didik, sehingga diharapkan dapat berimbas pada peningkatan kecakapan mahasiswa dalam menghadapi tuntutan global. Sejalan dengan strategi menggenjot mutu SDM, PNB juga tengah berjuang meloloskan empat program studi untuk akreditasi internasional. Empat prodi itu meliputi D3 Usaha Perjalanan Wisata, D3 Perhotelan, D4 Manajemen Bisnis Pariwisata, dan Magister Terapan Perencanaan Pariwisata.

Baca juga :  Motor Hilang, Pemuda Itu Disebut Meninggal Akibat Kecelakaan

“Mudah-mudahan tahun 2022, beberapa prodi itu sudah terakreditasi internasional. Jadi kalau kita sudah memiliki akreditasi internasional untuk prodi tersebut, kita akan bisa melakukan program pertukaran mahasiswa. Mahasiswa kita akan bisa berkunjung ke negara-negara Eropa ataupun Amerika Serikat. Mereka pun bisa ke sini. Itu tujuan kita untuk program internasionalisasi ini,” pungkasnya. (111)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini