Badung Tuan Rumah Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021

picsart 11 14 11.40.14
DUTA PARIWISATA - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, mendampingi Wagub Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati saat menghadiri malam puncak pemilihan Duta Pariwisata Indonesia tahun 2021, di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sabtu (13/11/2021) malam.

Mangupura, DENPOST.id

Kabupaten Badung menjadi tuan rumah penyelenggaraan malam puncak pemilihan Duta Pariwisata Indonesia tahun 2021, oleh Yayasan Abhyya Parama Mavendra yang digelar di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sabtu (13/11/2021) malam. Kegiatan ini, diresmikan Wakil Gubernur Balin Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, bersama Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, dan Pembina Yayasan Abhyya Parama Mavendra, Putu Andre Purnama Mavendra.

Penyelenggaraan pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021, diharapkan dapat menebar harapan dan semangat yang dapat dijadikan momentum kebangkitan ekonomi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) di Indonesia. Dalam acara tersebut, Duta Provinsi Bali, AA Putu Mayun Saputra terpilih menjadi Duta Pariwisata Indonesia 2021, kategori putra dan kategori putri diraih Duta dari Sulawesi Selatan, A. Suci Nurul Aisyah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya melalui video menyampaikan tahun 2021 pandemi Covid-19 masih melanda seluruh dunia. Pandemi ini telah melumpuhkan seluruh aktivitas ekonomi, sosial termasuk olahraga dan pariwisata. Untuk dapat terus beraktivitas di tengah pandemi, harus mematuhi protokol kesehatan. Apresiasi disampaikan kepada Yayasan Abhyya Parama Mavendra atas semangat, ide dan kreativitasnya, sehingga even pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021 dapat terselenggara dengan baik.

Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia, diikuti perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. Sebagai generasi muda kreatif, selain tentunya untuk mempromosikan daya tarik wisata di daerah asal peserta, ajang ini juga untuk memberikan pembekalan khusus mengenai produk UMKM, ekonomi kreatif dan pengembangannya. Hal ini sangat penting di masa pandemi karena dapat memperkenalkan potensi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif UMKM dari masing-masing daerah ke tingkat nasional bahkan internasional. “Selamat dan sukses atas penyelenggaraan pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021. Semoga dapat menebar harapan dan semangat yang dapat dijadikan momentum kebangkitan ekonomi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” terangnya.

Baca juga :  Tercecer, Warga Kurang Mampu di Kuta Dibantu PMI

Sebagai tuan rumah, Bupati Giri Prasta atas nama pemerintah dan masyarakat Badung, menyampaikan terima kasih, karena melalui Menparekraf telah menugaskan Yayasan Abhyya Parama Mavendra dan memilih Badung sebagai tuan rumah penyelenggaraan pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021. “Tentunya kita berharap melalui kegiatan ini, dapat menjadi momentum kebangkitan kepariwisataan Indonesia dengan merevitalisasi semangat dan upaya pemulihan disegenap sektor, serta dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” jelasnya.

Baca juga :  Optimalisasi Sektor Perikanan, Dinas Terkait Diminta Proaktif

Diharapkan pula, duta pariwisata dapat menjadi teladan dan memberi pengaruh positif pada generasi muda untuk menjadi SDM yang handal, berkualitas dan kompetitif dengan memiliki pengetahuan luas, berketerampilan dan berwawasan budaya. “Pemilihan duta pariwisata juga kami pandang penting dan strategis dalam mengembangkan kreasi, inovasi bagi generasi muda untuk meningkatkan serta memantapkan eksistensi dan perannya dalam membangun negeri tercinta,” harapnya.

Wagub Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menekankan gelar sebagai duta pariwisata mempunyai peran yang sangat strategis, khususnya di tengah-tengah pandemi Covid-19, yang sampai saat ini belum 100 persen teratasi. Menjadi duta pariwisata sesungguhnya mempunyai visi internal maupun eksternal. Visi internal diharapkan para finalis bisa menjadi tolak ukur (benchmark), dan panutan bagi generasi muda di daerahnya masing-masing. Sementara ke eksternal diharapkan dapat berperan ganda, baik sebagai agen perubahan maupun agen penguatan industri pariwisata itu sendiri. (a/115)

Baca juga :  Diduga Salah Satu Siswa Terkonfirmasi Covid-19, SMPN 1 Gianyar Lakukan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini