Cek Proyek PJU, Unit Tipikor Temukan Perbedaan Tinggi Lubang

picsart 11 14 03.29.54
CEK PROYEK - Unit Tipikor Satreskrim Polres Bangli, saat mengecek proyek JPU dan Gedung BMB.

Bangli, DENPOST.id

Unit Tipikor Satuan Reskrim Polres Bangli, melakukan pengecekan lapangan terhadap proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) yang digarap Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Perhubungan Bangli. Cek lapangan dilakukan, Jumat (12/11/2021), dengan lokasi di seputaran Kelurahan Kawan atau di sebelah utara Pasar Kidul, Bangli, dan pada proyek bangunan Gedung Bukti Mukti Bhakti (BMB).

Hasilnya ditemukan adanya perbedaan ukuran tinggi lubang tiang lampu. “Ternyata tinggi lubang satu dengan yang lainnya beda. Harusnya semuanya ukurannya sama,” kata Kanit Tipikor Ipda Wayan Dwipayana seijin Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, Minggu (14/11/2021).

Baca juga :  Nyungsep ke Jurang, Kakek Burut Tewas

Diungkapkannya, sebagaimana Detail Engineering Design (DED) pemasangan tiang dan instalasi listrik, serta ukuran tinggi lubang seharusnya semua 1,5 meter. Namun, pada saat pengecekan di lapangan tempo hari, tim Tipikor mendapati ada ukurannya di bawah tersebut. “Jadi, tujuan kami turun untuk memastikan proyek yang dibuat sesuai kualitas dan kuantitasnya,” tegasnya.

Lantas tindaklanjut dari temuan tersebut, Dwipayana mengaku akan mengkonfirmasi langsung ke Dinas Perhubungan Bangli. Dikatakannya, Pemkab Bangli mengalokasikan anggaran Rp5,5 miliar untuk pengadaan penerangan jalan umum (PJU) di 199 titik. Penggarapannya melalui rekanan (tender).

Desain PJU berisikan ukiran khas Bali, dan maskot Kabupaten Bangli, yakni bunga pucuk bang. DED pemasangan tiang dan instalasi listrik sudah rampung. Tiang lampu sepanjang 8 meter berbahan galvanis, ornamen ukiran berupa maskot Bangli, yakni bunga pucuk bang. Bola lampu jenis LED. Tujuan utama untuk penerangan yang memiliki nilai estetik.

Baca juga :  Kasat Lantas Polres Bangli Pimpin Tindak Pemotor Tanpa Helm dan Masker

Pemasangan tiang dan lampu hias dari ujung selatan Banjar Petak, Kelurahan Bebalang dan ujung utara sampai Banjar Brahmana Bukit, Kelurahan Cempaga. Ujung barat sampai jembatan Tukad Sangsang, serta ujung timur sampai Banjar Griya, Kelurahan Kawan, Bangli.
Pemasangan tiang berikut lampu pada satu jalur yang sama dan dipasang tepat di batas trotoar, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan. Jarak satu titik lampu sekitar 50 meter, instalasi listrik akan dipasang di dalam trotoar sehingga tidak ada kelihatan kabel di luar.

Baca juga :  Menuju Paperless, RSUD Klungkung Terapkan RME dan SIM-OnTa

Lampu penerangan jalan jenis mercury yang terpasang pada jalur utama akan dibongkar. Sebanyak 158 lampu mercury akan direlokasi di ruas jalan yang minim penerangan seperti di wilayah Kecamatan Susut dan Kecamatan Tembuku. Kebutuhan lampu penerangan sebanyak 875 titik, sampai saat ini belum semua tercover. Selain mercury ada juga pemanfaatan PJU yang menggunakan panel surya di wilayah Kecamatan Kintamani. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini