Masuki Musim Hujan, TRC Tetap Siaga 247

picsart 11 17 06.17.21
SIAGA - TRC BPBD Buleleng, yang siaga 24 jam selama 7 hari mengantisipasi bencana.

Singaraja, DENPOST.id

Sesuai dengan informasi dari BMKG bahwa puncak musim hujan diperkirakan akhir Desember 2021, Januari dan Februari 2022. Di tahun ini, berpotensi musim hujan Lamina yang artinya perubahan cuaca yang menyebabkan curah hujan semakin tinggi.

Maka dari itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng melakukan langkah cepat tanggap dalam menangani bencana alam yang terjadi. Hal itu, diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Apriadi, Rabu (17/11/2021).

Baca juga :  E-Semeton Permudah Aktivitas Jual-Beli di Masa Pendemi

Lebih lanjut Ariadi mengatakan langkah itu dilakukan salah satunya membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) dengan jumlah personel 26 orang yang dibagi tiga regu, di mana setiap regunya terdiri dari delapan orang dengan tetap siaga 247 (24 jam selama 7 hari).

“Tim ini akan dikerahkan langsung dengan melakukan assement ke lapangan yang akan mendata kodisi kejadian di lokasi, baik itu jumlah korban jiwa, kerugian harta benta atau yang lainnya,” ucapnya.

Baca juga :  Ditinggal Swafoto, Bocah Tewas di Kolam Villa

Lebih jauh, Ariadi menyampaikan pihaknya juga berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk membantu melaksanakan penanganan bencana tersebut, seperti Dinas PUTR, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Pemadam Kebakaran.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Buleleng dengan adanya potensi Lamina ini agar waspada, berhati-hati dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan melakukan kegiatan kebersihan yang tetap dilakukan, baik itu masyarakat yang tinggal di lereng perbukitan maupun di pesisir pantai. (118)

Baca juga :  Bayi Belum Jelas Kelaminnya Lahir di Desa Sepang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini