Jaring Potensi Penyandang Disabilitas, Dinsos Segera Fasilitasi LBK Lovina

dinsos buleleng 1
Kadis Sosial Buleleng, Putu Kariaman Putra

Singaraja, DENPOST.id

Penyandang disabilitas di Kabupaten Buleleng secara rutin mengikuti pelatihan pada Lembaga Mahatmiya Bali, Tabanan, di bawah naungan Kementerian Sosial RI. Pelatihan ini merupakan upaya strategi Dinas Sosial Kabupaten Buleleng dalam rangka meningkatkan produktivitas diri penyandang disabilitas.

Guna memaksimalkan lagi kebermanfaatan pelatihan yang diikuti, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra, telah melakukan evaluasi dan menjaring potensi-potensi besar yang dimiliki penyandang disabilitas. “Setelah mengikuti pelatihan barista kopi dan massage di Mahatmiya Bali, kami menemukan potensi besar yang mereka miliki. Kami berencana memfasilitasi potensi mereka di Loka Bina Karya (LBK) yang ada di Lovina,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/11/2021).

Baca juga :  Ratusan Tentara “Merumput” di Bhuana Patra, Buleleng

Kariaman mengatakan akan merombak LBK tersebut menjadi sebuah kafe untuk dikelola Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Buleleng. Hal ini diyakini akan mampu meningkatkan produktivitas Pertuni nantinya.

Diungkapkan Kariaman, sebelumnya Pertuni Buleleng mendapat apresiasi yang sangat baik dalam pelatihan di Mahatmiya Bali. “Kami menerima laporan, Pertuni Buleleng yang mengikuti pelatihan barista kopi mampu menghasilkan racikan kopi yang banyak digemari di Tabanan. Begitu pula yang potensi massage Pertuni Buleleng,” katanya.

Baca juga :  Bupati Agus Suradnyana Sebut PDP di Buleleng Bertambah

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bahwa program bantuan sosial kepada penyandang disabilitas juga akan dituntaskan pada akhir tahun ini. Kariaman menerangkan sebanyak 242 paket sembako sudah disalurkan kepada penyandang disabilitas pada triwulan IV ini atas sinergitas bersama Kementerian Sosial RI. “Tidak hanya disabilitas, kami juga menyalurkan bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE), lansia dan generasi muda yang tergabung dalam karang taruna,” pungkasnya. (118)

Baca juga :  Cegah Transmisi Lokal, Puluhan Warga Bondalem Jalani Rapid Test

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini