Desa Wisata Bahari Kalibukbuk Terima Bantuan dari KKP RI

picsart 11 18 06.25.37
SERAHKAN BANTUAN - Direktur Jasa Kelautan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Ruang Laut, KKP RI, Miftahul Huda, bersama Wabup Sutjidra, saat menyerahkan bantuan di Desa Kalibubuk, Kamis (18/11/2021).

Singaraja, DENPOST.id

Desa Wisata Bahari Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng menerima bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Bantuan tersebut, diserahkan Direktur Jasa Kelautan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Ruang Laut KKP RI, Miftahul Huda kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Desa Kalibukbuk yang akan mengelola Desa Wisata Bahari Kalibukbuk di Kawasan Wisata Lovina, Kamis (18/11/2021).

Baca juga :  Seorang Warga Dihadang di "Shortcut" Titik 5 dan 6

Serah terima ini juga dihadiri Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra.

Ditemui usai penyerahan, Sutjidra menjelaskan bantuan ini berkat kerja keras seluruh pihak di Desa Kalibukbuk. Utamanya Pokmaswas dan BUMDesa sebagai pengelola kawasan desa wisata bahari ini. Pada saat penyerahan juga ditayangkan bagaimana kelompok penggagas dalam menyiapkan Desa Wisata Bahari Kalibukbuk ini. Termasuk penenggelaman struktur untuk konservasi terumbu karang.

Kegiatan ini, didukung penuh oleh KKP RI. Ada sinergi antara pemerintah pusat dengan Pemkab Buleleng dalam hal konservasi terumbu karang, khususnya yang ada di Kalibukbuk. “Terumbu karangnya harus dilestarikan karena potensi wisata dari terumbu karang itu sangat besar,” jelasnya.

Baca juga :  Korupsi Dana PEN Mulai Sidang Secara Virtual

Sementara Miftahul Huda mengatakan KKP RI mempunyai program pengembangan desa wisata bahari atau sering disebut Dewi Bahari. Dewi Bahari adalah upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat memanfaatkan ekosistem yang ada, seperti terumbu karang. Pemanfaatan terumbu karang ini yang nantinya dijual ke masyarakat. Dalam artian, menjual daya tarik wisata terumbu karangnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini