Sepekan, BPBD Kota Denpasar Tangani Puluhan Lakalantas

picsart 11 19 01.53.39 (1)
KECELAKAAN LALIN – Petugas PMI bersama BPBD Kota Denpasar menangani sekaligus mengevakuasi kecelakaan lalin di simpang Jl. Dewi Sartika-Jl. Teuku Umar Denpasar, pukul 05.30, Jumat (19/11/2021).

Pemecutan Kelod, DENPOST.id

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar bekerjasama dengan polisi lalu lintas (Polantas) Polresta maupun Polsek, Sabtu (13/11/2021) hingga Jumat (19/11/2021) menangani puluhan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalan raya.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa, didampingi Sekdis Ardy Ganggas, mengatakan, untuk menangani kecelakaan lalu lintas pihaknya mengerahkan mobil ambulans bersama pasukan PMI yang ada di masing-masing pos.

Seperti kecelakaan di simpang Jl. Dewi Sartika-Jl. Teuku Umar, Jl. Gatot Subroto (Gatsu) Barat dan Jl. Buluh Indah diatensi mobil ambulans yang ada di pos Gedung Sewaka Dharma (GSD). Sedangkab kecelakaan lalin di Jl. Merpati, Desa Tegal kerta, Denbar ditangani ambulans Damakesmas Denbar II. ”Laka lantas setiap malam hari cukup tinggi. Jalan sepi sehingga pengendara motor ngebut dan kurang hati-hati di jalan,’’ kata Joni Ariwibawa, Jumat (19/11/2021).

Baca juga :  Dukung Kinerja Pemprov, Pertamina Sumbang Tiga Paket Logistik

Lebih lanjut dikatakan, dalam mengantisipasi kecelakaan dan kebencanaan yang ada di Kota Denpasar pihaknya menyiagakan empat pos, yakni Pos Induk BPBD Kota Denpasar, Jl. Imam Bonjol, Pos Mahendradata, Pos Cokro Ubung dan Pos Juanda lengkap dengan mobil ambulans, mobil damkar, tim medis, PMI dan peralatan lain. Bila ada kecelakaan dan kebencanaan menimpa warga Denpasar maupun luar cepat ditangani atau dievakuasi petugas yang ada di pos terdekat masing-masing.

”Kami siap siaga 24 jam dibantu tim ambulans dan PMI memberi pertolongan kepada masyarakat jika kena musibah kecelakaan, kebakaran, banjir, pohon tumbang maupun kebencanaan lain,’’ ujarnya.

Baca juga :  Jabat Ketua HAPI Bali, ‘’Tang’’ Sebut Masalah Tanah Hambat Investasi di Bali

Joni Ariwibawa mengungkapkan, dari awal Januari hingga awal April 2021 ini menangani banyak kejadian/pengaduan bencana atau kegawatdaruratan dari masyarakat. Ribuan kejadian atau kebencanaan ditangani Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Kota Denpasar dari Januari hingga November 2021 ini. Kejadian paling banyak ditangani adalah kecelakaan lalin sebanyak 639, penanganan pasien terpapar Covid-19 sebanyak 336 orang, penanganan pantastis 521 kejadian, evakusi pasien sakit 518, penanganan indikasi terpapar Covid-19 sebanyak 505, penanganan reptil 353 kasus, jenazah Covid-19 (214 orang), kebakaran 72, penanganan pohon tumbang 65, evakuasi orang hanyut dan tenggelam 62, evakuasi jenazah 60.

Baca juga :  Abaikan Prokes, Pengunjung Angkringan Dibubarkan

”Kami mengimbau masyarakat, saat musim hujan ini hati-hati dan waspada bepergian terutama malam hari. Arus lalu lintas lengang membuat pengendara motor terlena dan menggeber motor di jalan tanpa memperhatikan keselamatan diri sendiri maupun orang lain,’’ ucapnya.

Dia mengajak masyarakat waspada dan hati-hati menghadapi cuaca ekstrim. Sebelum bepergian mengecek kesiapan dan menghindari banjir dan pohon tumbang agar tidak dilewati. ”Kami harapkan masyakat melaporkan secepatnya bila menemukan pohon tumbang dan jika menemukan pohon lebat yang membahayakan dapat menghubungi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar atau BPBD Denpasar untuk dapat penanganan secepatnya,” sarannya. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini