Disdik Khawatir Muncul Klaster PTM di Klungkung

picsart 11 19 08.07.37
DIANTAR SEKOLAH - Sejumlah siswa SD di Klungkung, ketika diantar orangtuanya ke sekolah, beberapa waktu lalu.

Semarapura, DENPOST.id

Setelah dua berjalan, Dinas Pendidikan kembali melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Kabupaten Klungkung. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, PTM di Kabupaten Klungkung secara umum telah berjalan baik.

Hanya saja masih ada beberapa hal yang masih harus diperhatikan pihak sekolah karena banyak siswa yang tidak diantar jemput sekolah oleh orang tua, sehingga datang dan pulang sendiri.

Baca juga :  Lapangan dan Monumen Puputan Klungkung Akan Ditutup Lima Hari

Kondisi inipun sangat disayangkan
Kepala Dinas Pendidikan Klungkung, I Ketut Sujana, Jumat (19/11/2021). Menurut Sujana, dalam ketentuan PTM terbatas, sebaiknya orangtua aktif mengantar jemput anaknya saat datang maupun pulang dari sekolah. Hal ini dilakukan agar anak tidak keluyuran pulang sekolah dan menyebabkan potensi penularan Covid-19.

Apalagi dalam pelaksanaan dua bulan PTM, ada banyak siswa yang tampak tidak diantar jemput sekolah oleh orang tua, sehingga datang dan pulang sendiri. Hal inipun dikhawatirkan karena siswa tidak langsung pulang, melainkan keluyuran dan berkumpul dengan temannya, sehingga resiko tertular Covid-19.

Baca juga :  Listrik Padam, Sidang DPRD Klungkung "Gelap-gelapan"

“Kami sadari mengantar jemput siswa sekolah sangat memerlukan pengorbanan dari orang tua. Namun bila dibiarkan pulang sendiri, siswa biasanya mampir main dulu dengan temannya lalu bisa berkumpul. Jadi, keamanan terhadap Covid-19 tidak bisa dijamin.Takutnya sekolah atau pendidikan jadi klaster,” ujar Sujana.

Selain peran orang tua, Sujana mengakui persoalan ini juga harus ada andil atau peran dari pemerintah, sehingga pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Klungkung agar angkutan siswa gratis dapat diaktifkan kembali. (119)

Baca juga :  Petugas TOSS Center Keluhkan Limbah Medis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini