Hujan Lebat, Pohon Tumbang Dominasi Bencana di Karangasem

picsart 11 21 06.57.45
POHON TUMBANG - Salah satu pohon tumbang yang menimpa palinggih di Karangasem, Sabtu (20/11/2021)

Amlapura, DENPOST.id

Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Karangasem, tSabtu (20/11/2021), hampir berdampak bencana di seluruh kecamatan di Karangasem. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem merilis ada sembilan kejadian bencana akibat hujan lebat itu.

Sekretaris BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, Minggu (21/11/2021), merinci wilayah terdampak di Kecamatan Bebandem terdiri enam kejadian pohon tumbang yang menimpa rumah dan badan jalan. “Seluruhnya sudah tertangani dan nihil korban jiwa,” ujarnya.

Baca juga :  Antisipasi Hujan, Tim Respon Cepat Sumerta Kelod Rompes Pohon

Tak hanya jalan, dua rumah di Kecamatan Bebandem juga terdampak pohon tumbang. Di antaranya di Banjar Dinas Sesana, Desa Bungaya Kangin. Sanggah milik warga setempat, I Komang Terada (58) tertimpa pohon Manggis. Kerusakan terjadi pada palinggih rong dua dan penyengker. Selain itu, di Banjar Dinas Kecicang Bali, Desa Bungaya Kangin, pohon jenis Gatep menimpa rumah milik I Gede Agus Suparta Jaya, yang mengenai atap genteng dan kanopi.

Sementara Plt. Kalaksa BPBD Karangasem, I Nyoman Ngurah Siki sebelumnya telah melakukan antisipasi bencana saat musim hujan. Salah satunya dengan berupaya berkoordinasi dengan dinas terkait perihal pemangkasan pohon. “Khususnya di daerah rawan pohon tumbang dan kondisi pohon yang membahayakan, ” ujarnya.

Baca juga :  Terdampak ASF, Peternak Babi Beralih Tanam Porang

Ia berharap masyarakat untuk tetap siap siaga dan menghubungi BPBD Karangasem jika ada bencana. (yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini