Buang Limbah ke Sungai, Usaha Potong Ayam Ditutup Satpol PP

minggir 1
CEK USAHA - Anggota Satpol PP bersama Dinas LHP Klungkung mengecek usaha pemotongan ayam yang dikeluhkan warga di Br. Minggir, Desa Gelgel, Senin (22/11/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Satpol PP Klungkung menutup usaha pemotongan ayam di Banjar Minggir, Desa Gelgel, Senin (22/11/2021). Hal ini dilakukan karena usaha pemotongan ayam tersebut membuang limbah ke sungai. Apalagi limbah yang dibuang dikeluhkan warga dan petani di Subak Kacangdawa, Desa Minggir, Desa Gelgel.

Sayangnya, saat turun di lokasi, petugas Satpol PP yang dipimpin Kasat Pol PP dan Damkar, Putu Suarta tidak bertemu langsung pemilik usaha pemotong ayam. Anggota Pol PP yang turun bersama petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) hanya diterima buruh tukang potong ayam.

Baca juga :  Tidak Pakai Masker, Pengunjung Dilarang Masuk Pasar Senggol

Putu Suarta geram melihat septic tank yang ada di lokasi usaha pemotongan ayam tersebut tidak difungsikan. Justru sisa-sisa bulu ayam dan usus ayam dibuang ke sungai. Apalagi air sungai tersebut mengaliri sawah petani dan dimanfaatkan warga untuk mandi.

“Untuk sementara kita hentikan usaha pemotongan ayam ini sebelum septoc tank betul-betul dimanfaatkan. Nanti dari Dinas LHP yang mengeceknya,” ujar Putu Suarta.

Baca juga :  Ditimpa Pohon Santen, Rumah dan Palinggih Warga di Klungkung Rusak

Yang membuat Putu Suarta geram lagi, usaha pemotongan ayam tersebut juga memanfaatkan air sungai dengan menggunakan mesin pompa. Menurutnya ini melanggar karena harus ada izinnya. Apalagi usaha tersebut diketahui memotong ayam sebanyak 200 ekor per hari.

“Usaha tersebut juga kurang higienis karena menggunakan air sungai. Apalagi tempatnya juga kotor,” katanya. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini