Akhir Tahun PPKM Level III, Pengelola Hotel Pupus Harapan

sepi 1
SEPI - Hotel dan restoran di Kawasan Candi Dasa, Karangasem sepi.

Amlapura, DENPOST.id

Pupus sudah harapan pengelola hotel di Karangasem. Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru yang memberi harapan kedatangan wisatawan domestik ke Karangasem kini tinggal angan-angan. Menyusul pemberitahuan pelarangan melakukaan liburan serta cuti di akhir tahun 2021 nanti dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III . Kekecewaan ini diutarakan Ketua Persatuan Hotel dan Restauran Republik Indonesia (PHRI) Cabang Karangasem, I Wayan Kariasa, senin (22/11/2021).

Baca juga :  Langgar Prokes, Bawaslu Siap Bubarkan Kampanye Paslon

“Engga tahu sampai kapan bisa bertahan dalam situasi yang serbatidak jelas. Kita memiliki harapan di akhir tahun, tapi ada pemberlakuan PPKM Level III,” ungkap Kariasa.  Ia menuturkan, kondisi saat ini menjadi pukulan terberat bagi pelaku wisata. Sebab, saat wisatawan mancanegara tak kunjung datang, ia sangat berharap pada wisatawan domestik. “Di hari biasa saja masih seret. Karena wisdom dominan menginap di Bali selatan. Ditambah dengan aturan ini maka akan kian sepi,”  jelas salah satu manager di Hotel Kawasan Candi Dasa ini.

Baca juga :  Sarana Pelayanan Kurang di RSUD Karangasem, Dipa Upayakan Ini

Tak hanya  Kariasa, salah satu pemilik hotel di Kecamatan Abang, Karangasem,  Made Audi juga merasakan hal sama. Ia meminta pemerintah mengakaji ulang peraturan tersebut. “Saat ini dengan kondisi PPKM level II keterisian hanya 10 persen. Sampai saat ini untuk libur tahun baru sudah ada yang booking 3 kamar. Namun dengan aturan ini booking inipun menjadi belum pasti, ” ucapnya.

Audi meminta pemerintah memikirkan matang-matang dampaknya. Khususnya kepada pelaku wisata yang kian terpuruk. “Pengusaha sebenarnya dilema. Satu sisi kita harus prioritaskan kesehatan, tetapi  kebutuhan ekonomi  juga penting. Kami tetap berharap pemerintah memberikan solusi yang cocok, ” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  15 Warga Cegeng Positif Covid-19, Pemkab Lakukan Karantina Wilayah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini