Uji Coba Eskalator Pasar Rakyat Gianyar, Pedagang Grogi

picsart 11 22 09.29.13
COBA ESKALATOR - Para pedagang, saat mencoba eskalator di Pasar Rakyat Gianyar, Senin (22/11/2021)

Gianyar, DENPOST.id

Sebelum secara resmi pedagang menempati dan berjualan di Pasar Rakyat Gianyar, terlebih dahulu para pedagang diberikan sosialiasi terhadap pedagang toko dan kios terkait tempat berjualan, baik kebersihan, keadaan darurat, areal jualan, tempat loading barang dan penjelasan lainnya. Sosialisasi ini dilaksanakan dalan tiga tahap dari sekitar 1.300 orang pedagang, Senin (22/11/2021).

Wajah sumringah para pedagang saat memasuki Pasar Rakyat Gianyar serangkaian sosialisasi diwarnai kejadian unik. Di mana, sebagian besar pedagang belum pernah naik melalui tangga eskalator. Bahkan dalam sosialisasi dan uji coba ada dua orang pedagang terjatuh saat uji coba eskalator di Pasar Rakyat Gianyar.

Baca juga :  Abrasi Kembali Terjang Pebuahan, Puluhan Rumah Rusak Parah

Teriakan pedagang terdengar, lantaran ada dua orang pedagang terpeleset saat mencoba tangga eskalator. Meski tidak menimbulkan luka, kejadian ini pun menjadi perhatian para pedagang lantaran harus beradaptasi dengan Pasar Rakyat Gianyar yang baru dan megah itu.

Para pedagang diajak melihat situasi Pasar Rakyat Gianyar, sekaligus sebagai sosialisasi. Sebelum menempati kios/los tempat berjualan di Pasar Rakyat Gianyar. Sebanyak 402 pedagang sembako, buah, sayur dan daging diberikan sosialisasi mengenai tempat yang akan digunakan sebagai tempat berjualan. Sosialisasi ini dipimpin langsung Kabid Pasar Disperindag Gianyar, Krisna.

Baca juga :  Kapolda Tegaskan Netralitas Polri dalam Pilkada

Hal yang menggelitik terjadi saat pedagang mencoba eskalator di dalam pasar. Puluhan pedagang mengaku belum pernah naik eskalator dan takut terjatuh. Benar saja, saat uji coba ada dua pedagang yang terpeleset saat mencoba eskalator menurun. Teriakan pedagang lainnya pun sempat menarik perhatian. Syukurnya tidak ada yang terluka dalam uji coba tersebut. Dengan harapan ada banyak waktu dan kesempatan untuk belajar naik eskalator.

Baca juga :  Masuk Bandara Ngurah Rai Harus Siapkan Uang Elektronik

Di sela-sela sosialisasi kepada pedagang, Kepala UPT Pasar Gianyar, Nengah Arnawa menyebutkan sosialisasi dibagi dalam tiga tahap. Setelah nanti diadakan sosialisasi akan dilanjutkan dengan pengundian tempat berjualan yang sebelumnya diawali dengan peresmian Pasar Rakyat Gianyar. “Sosialisasi tahap pertama kepada pedagang sembako, buah, sayur dan daging. Besok ke toko dan kios,” kata Arnawa.

Sementara pedagang buah, Nyoman Nurati sampai berkaca-kaca melihat kemegahan pasar saat ini. Bahkan dirinya mengaku sama sekali tidak pernah naik eskalator semasa hidupnya. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini