Bertamu dan Pura-pura Sakit Kepala dan Beli Obat, Caniyasa Larikan Motor Sukadana

picsart 11 23 07.30.18
TUNJUKKAN TERSANGKA - Kapolsek Sukawati, AKP I Made Ariawan P., didampingi Kanit Reskrim Polsek Sukawati, Iptu AA Gede Alit Sudarma, menunjukkan tersangka Caniyasa, serta barang bukti di Mapolsek Sukawati, Selasa (23/11/2021)

Gianyar, DENPOST.id

Berbagai cara atau modus dilakukan pelaku untuk melakukan aksi kejahatannya. Seperti yang dilakukan tersangka Ketut Caniyasa (49) asal Banjar Kemuning, Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng.

Pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor DK 6853 KBB milik I Ketut Sukadana (47) warga Banjar Gelumpang, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar. Untuk melakukan aksinya, pria ini bertamu ke rumah korban dan berpura-pura sakit kepala kemudian meminjam sepeda motor korban, dengan alasan untuk dipakai membeli obat. Namun, itu hanya trik dan modus pelaku untuk melarikan motor korban.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian mencapai Rp12 juta. Kini pelaku sudah berhasil ditangkap dan meringkuk di tahanan Mapolsek Sukawati. Atas perbuatannya, pelaku yang suka pindah-pindah tempat tinggal ini dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan hukuman 4 tahun penjara.

Kapolsek Sukawati, AKP I Made Ariawan P, Selasa (23/11/2021) mengatakan kasus ini berawal pada, Jumat (17/9/2021) sekitar pukul 16.00 Wita, pelaku Caniyasa bertamu ke rumah korban dan bertemu dengan anak korban Sukadana, saksi Kadek Arta Ardana (15) pelajar alamat Banjar Gelumpang  Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar. Dihadapan saksi Ardana, pelaku mengaku berteman baik dengan bapaknya.

Baca juga :  Siswa SMPN 1 Gianyar Negatif Covid-19

Untuk melakukan aksinya, pelaku berpura-pura sakit dan berkeinginan meminjam motor Honda BeAT milik korban dengan alasan untuk membeli obat ke apotek. Namun, setelah ditunggu sampai malam hari pelaku tidak datang mengembalikan sepeda motor.

Korban Sukadana, dua hari kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sukawati. Menerima laporan korban, unit Opsnal Polsek Sukawati melakukan penyelidikan dengan memperdalam keterangan korban tentang ciri-ciri terduga pelaku dan juga melakukan penyelidikan diseputaran TKP, dengan mencari saksi-saksi yang mengetahui kejadian tersebut. Polisi mendapat informasi bahwa pelaku tidak memiliki tempat tinggal yang tetap alias berpindah – pindah.

Baca juga :  Kejari Gianyar Bidik Dugaan Penyalahgunaan Dana Covid-19

Selanjutnya unit Opsnal dipimpin Kanit Reskrim Polsek Sukawati, Iptu AA Gede Alit Sudharma, bersama dengan Panit 1 Reskrim memperdalam informasi tersebut, dengan melakukan lidik ke wilayah tempat asalnya di Dusun Bengkala, Kubu Tambahan, Buleleng. Namun menurut informasi dari keluarga dan masyarakat di sekitarnya bahwa terduga pelaku tidak pernah pulang kampung. Unit Opsnal melaksanakan penyelidikan di wilayah Denpasar dan Ubud, di mana menurut informasi terduga pelaku pernah berkerja sebagai buruh bangunan di wilayah tersebut. 

Baca juga :  Jatuh ke Dalam Jurang, Kakek Tekes Tewas

Akhirnya polisi berhasil mengamankan pelaku Caniyasa bersama sejumlah barang bukti di Ubud, Sabtu (20/11/2021) sekitar pukul 20.00 Wita. Barang bukti berhasil diamankan 1 unit sepeda motor Honda BeAT warna hitam nopol DK 6853 KBB, 1 lembar STNK beserta anak kuncinya. Atas perbuatannya, tersangka asal buleleng itu dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penggelapan dan penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini