Sulingih Tetap Kenakan Masker Saat Pimpin Upacara

sulinggih 1
PROKES - Sulinggih ikut menerapkan prokes saat memimpin upacara. Hal ini diharapkan dapat mengajak umat semakin disiplin menerapkan prokes.

Besakih, DENPOST.id

Pendeta Hindu atau sulinggih turut menyosialisasikan penggunaan masker dalam kegiatan keagamaan. Itu salah satunya dilakukan oleh Ida Pedanda Gede Bang Buruan Manuaba. Dijumpai belum lama ini saat memimpin upacara di Pura Besakih, ia menyebutkan berusaha tetap mengenakan masker saat memimpin upacara. Hal itu bertujuan mencegah pendeta tertular maupun menularkan Covid-19.

“Pemerintah sudah sangat memperhatikan kita. Maka kita wajib menaati aturan pemerintah, salah satunya menerapkan prokes,” ungkap sulinggih yang menjabat Dharma Adhyaksa PHDI Pusat ini.

Baca juga :  Pulang Ke Desa, Gede Dana Serahkan Bantuan Paket Kebutuhan Pokok

Dia menerangkan, prokes yang dia lakukan mulai dari kebersihan tangan, seperti memastikan tidak ada kuku panjang, sebelum naik ke tempat suci untuk memimpin upacara. Kemudian tetap mengenakan masker dan menjaga jarak dengan umat. “Kita wajib ikuti aturan pemerintah, tujuannya supaya sulingih sehat, umat juga sehat,” katanya.

Dia menambahkan, sulinggih yang tergabung dalam PHDI berupaya mengikuti aturan tersebut, khususnya saat memimpin upacara. Dengan menjadi contoh umat, Ida Pedanda berharap umat mengikuti hal baik itu.

Baca juga :  Sambut New Normal Pendidikan, Mas Sumatri Izinkan UHN KKN di Karangasem

Pada kesempatan yang sama, Bendesa Desa Adat Besakih, Jero Mangku Widiarta, menerangkan, pengelolaan Pura Besakih telah menyediakan sarana penerapan prokes. Mereka yang masuk wajib regristrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, wajib mengenakan masker dan menjaga jarak. Para pemuka agama, salah satunya jero mangku dalam melayani umat juga menaati prokes dengan mengenakan masker.

Saat ini, kata dia, kunjungan umat ke Pura Besakih relatif sedikit, sehingga kerumunan dapat dikendalikan. “Pada hari biasa kunjungan umat bisa dihitung dengan jari, memang sesekali ramai,” ujarnya.

Baca juga :  Vaksinasi di Karangasem, dari 11 Pejabat Dua Tak Divaksin Karena Ini

Gus Raka, salah satu warga yang ditemui usai bersembahyang ke Pura Besakih mengaku tak cemas berkunjung ke Pura Besakih. Dia menilai penerapan prokes di pura relatif baik. Secara mandiri, dia juga melindungi dirinya dengan tetap mengenakan makser dan menjaga jarak. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini