Bali Sukses Tangani Pandemi, Gubernur Koster Tambah Koleksi Satu Penghargaan Baru

kosterku
TERIMA PENGHARGAAN - Gubernur Koster saat menerima penghargaan Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic pada Rabu (24/11/2021) malam. (DenPost.id/ist)

Sumerta, DenPost

Gubernur Bali Wayan Koster kembali menyabet penghargaan baru atas kesuksesan penanganan pandemi covid-19, berupa People of The Year 2021 untuk kategori Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic dari MetroTV pada Rabu (24/11/2021) malam di Jakarta. Saat itu dia didampingi Kepala Bappeda Litbang Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra dan Kadis Kominfos Bali I Gede Pramana.

Penghargaan ini merupakan hasil seleksi ketat yang dilakukan tujuh dewan juri yang terdiri atas Presiden Direktur MetroTV, Don Bosco Selamun, Pemimpin Redaksi MetroTV Arief Suditomo, CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata, Guru Besar FISIP UI, Jakarta Prof. Dr. Eko Prasojo, Rektor IPB, Bogor, Prof. Dr. Arif Satria, Epidemiolog UGM Yogyakarta Prof. Dr. dr. Hari Kusnanto dan Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani.

Dalam siaran live (langsung) di Grand Studio MetroTV, Jakarta, disampaikan bahwa di bawah kepemimpinan Wayan Koster, Bali telah menaati aturan pusat seperti jadi provinsi pertama dan tertinggi yang melakukan vaksinasi anticovid-19, tertinggi dalam penerapan protokol kesehatan (prokes), dan terbaik dalam penerapan PPKM mikro. Kemudian, Bali melaksanakan sertifikasi cleanlinnes, health, safety, dan environment sustainability (CHSE) kepada hotel di Bali untuk melayani wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Gubernur Koster dinilai tegas menjatuhkan sanksi kepada warga negawa asing (WNA) jika ditemukan melanggar prokes yang berujung pada tindakan deportasi. Atas penghargaan tersebut, Gubernur Koster dalam pidato singkatnya menyampaikan bahwa penghargaan People of The Year 2021 Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic yang diterimanya dari MetroTV merupakan hasil kerja sama, sinergi, dan kolaborasi,  pemerintah pusat, Pemprov Bali, pemkab/pemkot di Bali, sampai di tingkat desa dan desa adat di Bali, hingga kerja sama yang baik dengan seluruh komponen masyarakat Bali dalam penanganan pandemi covid-19. Harapannya pemulihan pariwisata dan pemulihan ekonomi bisa dilakukan lebih cepat, sehingga ekonomi Bali bangkit kembali. “Atas penghargaan ini, saya menyampaikan terima kasih kepada  Bapak Pangdam IX/Udayana, Bapak Kapolda Bali, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Ketua Pengadilan Tinggi Bali, bupati/walikota se-Bali, kepala desa, lurah  dan bandesa se-Bali, serta berbagai komponen masyarakat Bali yang terus bekerja keras dengan berbagai upaya dalam menangani pandemi Covid-19 sesuai kebijakan pemerintah pusat,” jelas Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini.

Baca juga :  Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, BRI Gelar BRIncubator Goes to Campus

Wayan Koster adalah salah satu Gubernur di Indonesia yang meraih People of The Year 2021 bersama delapan gubernur yaitu (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Gubernur Jambi Al Haris, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo). Mereka mendapat penghargaan dengan berbagai kategori, seperti Best Governor for Inclusive Economic Growth, Best Governor for Empowerment & Education, Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic, dan Best Governor for E-Gov & Digital Innovation.

Baca juga :  Motor Ditabrak Pikap, Dua Orang Tewas

Selain sembilan gubernur yang mendapat penghargaan bergengsi ini, ada juga penghargaan Innovative Governmental Organization yang diterima Menteri Kesehatan, Satgas Penanganan Covid- 19, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Patron of Development Partnership yang diterima oleh Gusdurian, Kawal Covid19, dan Rumah Zakat,.Kemudian PT Kalbe Farma Tbk., TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), dan Grahasari Suryajaya yang menerima penghargaan Corporation Participation Against Pandemic. Scientific Breakthrough Against Pandemic diterima salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca, Carina Citra Dewi Joe; penggagas ventilator portabel Vent-I Syarief Hidayat dan tim, serta ‘’PeduliLindungi’’ yang mencakup Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Telkom, dan terakhir penghargaan Lifetime Achievement dianugerahkan kepada almarhum mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar.

Baca juga :  Pengepruk Kaca Mobil Beraksi di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar

Sebelumnya, Gubernur Koster dinobatkan menjadi Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic. Dibawah kepemimpinan Wayan Koster, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga memberikan piagam penghargaan kepada mantan anggota DPR RI tiga periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini, karena punya strategi paling efektif dalam menerapkan PPKM mikro untuk penanganan covid-19. Penghargaan serupa juga diberikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto kepada Gubernur Koster.

Perjuangan Gubernur Koster di masa pandemi covid-19 tidak saja mengenjot vaksinasi dan disiplin prokes, namun juga di bidang ekonomi. Orang nomor satu di Pemprov Bali ini melakukan lima gebrakan nyata untuk membangkitkan sektor ekonomi Bali di bidang pertanian, kelautan dan industri, yang terpuruk akibat pandemi. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini