Distribusi dan Pasarkan Pangan, Bangli Jalin Kerjasama dengan Klungkung

bangli ker 1
MOU - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, menandatangani MoU tentang Kerja Sama Distribusi, Pemasaran Pangan, serta Pengembangan Potensi Daerah yang difasilitasi oleh BI Provinsi Bali secara virtual. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta bersama Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kamis (25/11/2021), menandatangani MoU tentang Kerja Sama Distribusi, Pemasaran Pangan, serta Pengembangan Potensi Daerah yang difasilitasi oleh BI Provinsi Bali secara virtual. Pada kesempatan ini, pihak Bupati Bangli melangsungkan kegiatan di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Bangli yang juga dihadiri oleh Kabag PKKP, Kasubag Sarana Perekonomian dan Pengembangan Teknologi pada Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Bangli, serta Kasubag Pengendalian Kerjasama dan Tamu pada Bagian PKKP Setda Kabupaten Bangli.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk membuat kesepakatan bersama dalam rangka pengendalian inflasi daerah dengan tujuan untuk memenuhi 4K yang meliputi Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi yang Efektif, serta meningkatkan potensi masing-masing daerah dalam rangka kesejahteraan rakyat. Dalam kesempatan itu, Sedana Arta menyampaikan bahwa selama ini antara Kabupaten Bangli dan Kabupaten Klungkung telah bekerjasama sangat baik dalam hal bisnis masyarakat, di mana komoditi unggulan Bangli dikirim ke Klungkung, dan begitu pula sebaliknya.

Baca juga :  Isoman Ditiadakan, Satgas Sepakati Isoter OTG di Desa

Ia mengatakan bahwa kerja sama ini sangat perlu dan penting untuk dilaksanakan. “Kerja sama ini sangat penting dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan, kelancaran, dan keamanan bagi para pelaku bisnis dalam bertransaksi serta membangun networking antara Pemkab Bangli dengan Pemkab Klungkung agar terbuka informasi dan peluang atas potensi masing-masing daerah untuk mendorong terciptanya sinergi dalam pencapaian tujuan,” jelas Sedana Arta.

Dirinya berharap dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten masing-masing, terutama peningkatan pendapatan masyarakat di bidang pertanian dan perdagangan. Penandatanganan kesepakatan bersama yang digelar merupakan awal kerja sama baru antara kedua kabupaten ini. Sebagaimana yang disampaikan I Nyoman Suwirta, akan ada pembicaraan lanjutan yang lebih mendetail lagi terkait perluasan dari kesepakatan ini.

Baca juga :  Komisi II DPRD Klungkung Sorot Basement Puskesmas Banjarangkan II

Menurut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Rizki Ernandi Wimanda, pada akhir tahun 2021 ini, diperkirakan tingkat inflasi di Bali akan cenderung rendah dan stabil di kisaran 1,4 sampai 1,8 persen. Yang mana ini di bawah target inflasi nasional. Selain itu ia pun menegaskan bahwa KAD menjadi suatu solusi efektif pemerintah daerah untuk mengendalikan ketersediaan pasokan bahan pangan sehingga bisa meminimalisir risiko terjadinya fluktuasi neraca yang signifikan. “Kerjasama Antar Daerah atau KAD sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan pangan bersama. KAD yang dilakukan tentunya tidak hanya menjadi salah satu upaya pengendalian inflasi di masing-masing daerah namun juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dengan adanya transaksi pada komoditas yang disepakati.” imbuhnya. (c/128)

Baca juga :  Dirut BRI Bocorkan Visi Pengembangan BRI Group di Masa Depan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini