Bupati Suwirta Motivasi Para Penerima Bantuan Alat Hidroponik

img 20211126 wa0047
BANTUAN HIDROPONIK - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, didampingi istri yang juga sebagai Ketua PPK menyerahkan bantuan hidroponik bagi warga miskin di Balai Banjar Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Jumat (26/11/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Upaya Pemkab Klungkung mengentaskan kemiskinan dengan menggulirkan program hidroponik bagi KK miskin kembali berlanjut. Kali ini, program tersebut diberikan kepada warga miskin yang berada di Desa Negari, dan Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan.

Bahkan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memotivasi para penerima bantuan untuk semangat dan mempergunakan bantuan tersebut, sebaik-baiknya agar bisa keluar dari garis kemiskinan. “Jadikan bantuan ini untuk merubah mindset agar bisa keluar dari garis kemiskinan,” ujar Bupati Suwirta, ketika membuka pelatihan dan penyerahan alat hidroponik bagi keluarga miskin tahun 2021, di Balai Banjar Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Jumat (26/11/2021).

Baca juga :  Pemkab Badung Tebar Benih di Sungai dan Sumber Mata Air

Untuk diketahui hidroponik merupakan jenis budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah. Namun, menggunakan air sebagai media tanamannya dengan menambah kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Oleh karena itu, kedepan Suwirta berharap warga yang menerima bantuan meningkatkan ketekunan untuk merawat dan memelihara hidroponik. Upaya itu, dilakukan agar nantinya bisa meningkatkan hasil produksi.

“Jadikan tempat hidroponik ini sebagai hiburan di rumah. Mari tata dengan baik, sehingga hasil pertumbuhannya bisa semakin bagus,” pintanya.

Baca juga :  Operasional Toko Swalayan Hingga Rumah Makan di Klungkung Juga Dibatasi

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Klungkung, Ayu Suwirta mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di Kabupaten Klungkung. Terutama memenuhi ketersediaan bahan pangan sumber nabati skala keluarga, termasuk menambah pendapatan keluarga dan pengetahuan serta keterampilan keluarga.

Menurut Ayu Suwirta, bantuan yang diberikan tersebut bersumber dari CSR PT PLN UP3 Bali sebesar Rp100 juta. Sedangkan jumlah calon penerima bantuan hidroponik sebanyak 30 KK terdiri dari 15 KK di Desa Negari, dan 15 KK lagi di Desa Tusan. Selain itu juga diserahkan bantuan CSR PLN untuk tiga UMKM dan alat produksi hasil Bedah Desa.

Baca juga :  Pembangunan Pasar Umum Gianyar Rampung 70 Persen Lebih

“Sebelumnya juga sudah dilaksanakan verifikasi bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung. Semoga dengan bantuan ini nantinya bisa meringankan dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu,” harapnya. (c/119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini