Ayo Berkunjung ke Bunut Bolong

bunut 1
BUNUT BOLONG - Objek Wisata Bunut Bolong di Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

WILAYAH Kabupaten Jembrana cukup banyak memiliki daya tarik wisata. Tidak hanya bentangan pantai indah, Jembrana juga memiliki objek wisata alam. Objek Wisata Bunut Bolong misalnya. Terletak di daerah pegunungan tepatnya di Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, objek wisata ini sejatinya sudah dikenal sejak lama. Namun tidak banyak yang tahu, apa saja yang bisa dinikmati di objek ini selain pohon bunutnya. Bunut bolong berada di jarak 49 km ke arah timur Kota Negara dan kurang lebih 86 km ke arah barat dari Kota Denpasar.

Daya tarik utama tempat ini adalah keberadaan pohon bunut (L.Ficus) yang sangat unik dan dikeramatkan. Pohon bunut raksasa ini memiliki lubang besar (bolong) di bagian bawahnya yang sekaligus berfungsi sebagai jalan raya tempat lalu lalang semua jenis kendaraan. Karena terdapat lubang besar di kaki pohon bunut besar, lokasi ini langsung dinamai Bunut Bolong.

Baca juga :  Dandim Gerah Ada Oknum Lakukan Salam Tempel di Gilimanuk

Objek Wisata Bunut Bolong memang sudah menjadi daya tarik wisata favorit di Kabupaten Jembrana. Wisatawan domestik dan manacanegara ramai berkunjung ke objek ini. Pohon bunut ini diperkirakan berusia ratusan tahun dan dikeramatkan oleh warga sekitarnya.

Selain Pohon Bunut, terdapat bangunan peribadatan umat Hindu yang bernama Pura Bhujangga Sakti, yang diyakini memiliki aura magis begitu kuat. Pura ini merupakan Pura Dang Kahyangan yang difungsikan untuk menghormati Dang Hyang Sidhi Mantra. Beliau adalah seorang yang memiliki peran penting dalam sejarah keberadaan Desa Mangissari, yang dulunya berada di sebelah utara Pohon Bunut Bolong.

Dulu masyarakat di desa tersebut banyak yang terjangkit sakit. Kemudian desa tersebut dipindahkan ke sebelah selatan berdasarkan petunjuk dari prasasti yang berada di dalam Pura Pujangga Sakti. Setelah itu semua masyarakat yang mengikuti perintah tersebut selamat dan hingga saat ini hidupnya kembali tentram dan damai.

Baca juga :  Gara-gara Ini, Truk Box Sarat Muatan Terguling di Pekutatan

Selain Bunut Bolong, Desa Manggissari memiliki beragam potensi lainnya yang telah dikelola oleh Pokdarwis dan bekerjasama dengan desa adat setempat. Bagi yang suka berpetualang, di Kawasan Objek Wisata Bunut Bolong juga terdapat wisata tracking dengan rute melintasi perkebunan kopi milik warga, deretan pohon pisang dan juga pohon durian. Pengunjung akan dipandu oleh pemandu lokal yang ramah dan kompeten. Wisatawan juga bisa melakukan tracking forest ataupun bersepeda. Di sepanjang rute tracking yang dimulai dari Bunut Bolong itu, para wisatawan melintasi jalan setapak permukiman warga dan perkebunan. Di jalur lintasan tersebut, para pengunjung juga melalui palungan batu atau sarkofagus yang oleh warga sekitar dipercaya berkhasiat karena air di tempat tersebut konon bisa untuk tamba atau obat.

Baca juga :  Jembrana Salurkan Bantuan JPS Tahap II

Di samping jelajah alam, pengunjung juga bisa sekaligus berwisata religi di Obejek Wisata Bunut Bolong.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Objek Wisata Bunut Bolong telah dilengkapi sarana protokol kesehatan lengkap. Dengan selalu tetap mematuhi protokol kesehatan, Ayo Berkunjung ke Bunut Bolong! #JAHBOJAH. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini