Cuaca Ekstrem, 15 KK Sempat Terdampak Banjir Bandang

bandang 1
BANJIR - Upaya penanganan di Desa Abang Batudinding yang sempat terdampak banjir bandang. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Bangli sejak beberapa hari terakhir. Dampaknya, selain pohon tumbang dan longsor, hujan ini juga sempat mengakibatkan banjir bandang di Dusun Dukuh, Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, Sabtu (27/11/2021). Air bercampur lumpur setinggi mata kaki orang dewasa tersebut sempat masuk ke pemukiman warga yang dihuni 15 KK dari 221 KK yang ada di dusun tersebut.

“Air bercampur batu kerikil dan pasir turun dari Bukit Abang. Di samping itu, banjir juga menerjang hektaran lahan pertanian holtikultura milik warga masyarakat,” kata Kalak BPBD Bangli, I Ketut Wiredana, didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik Bangli, I Ketut Agus  Sutapa, saat dihubungi, Minggu (28/11/2021).

Baca juga :  Dua Pemuda Nyuri Motor, Hasilnya Digunakan untuk Ini

Disebutkan, pascakejadian pihaknya telah melakukan penanganan. Di mana atas kesepakatan dengan pihak desa dan memperhatikan situasi dan kondisi di lapangan, penanganan dilakukan Minggu pagi.

Adapun upaya penanganan, kata dia, yakni membuka jalur air yang sempat menggenangi rumah warga, selain itu juga membuat tanggul darurat dengan karung pasir di sekitar rumah warga untuk dapat mengantisipasi banjir bandang susulan. “Selain dengan upaya gotong-royong bersama warga, penanganan tadi pagi juga dengan menerjunkan alat berat berupa loader Dinas PU untuk membersihkan endapan lumpur yang menumpuk di sepanjang jalan arah Batudinding-Kintamani,” bebernya.

Baca juga :  Terdesak Ekonomi, Colong Jeruk Limau Milik Wakil DPRD Bangli

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengedukasi warga bila  kondisi tidak memungkinkan, agar untuk sementara segera menuju titik kumpul di balai banjar setempat yang aman dari ancaman banjir. “Kita juga menyiagakan tim desa untuk mengaktifkan tanda peringatan dini berupa kentungan jika warga harus segera meninggalkan rumah masing-masing. Sementara kerugian terhadap kerusakan lahan pertanian warga tengah dihitung oleh Dinas Pertanian Bangli,” jelasnya.

Sementara itu hujan juga menyebabkan tebing di sekitar Desa Abang Batudinding dan Desa Terunyan, Bangli kembali ambrol.  Akibatnya arus lalu lintas menuju Desa Abang Songan dan Desa Terunyan sempat terganggu. Upaya penanganan dilakukan pihak BPBD Bangli dan masyarakat, Sabtu (27/11/2021) pagi. Menurutnya kejadian itu disebabkan oleh cuaca ektrem juga dipengaruhi masih labilnya Bukit Abang pascagempa 4,8 SR bulan lalu.

Baca juga :  Begini Dampak Pilkada Terhadap Kondisi Anggaran Kebencanaan di Bangli

Sebelumnya, jelas Wiredana, becana pohon tumbang juga terjadi diDusun Cemara Landung, Desa Terunyan.  Pohon tumbang ini, selain menggangg arus lalin, juga mengakibatkan terganggunya aliran listrik menuju pemukiman warga. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini