Pedudusan Alit di Pura Goa Lawah, Panitia Tetap Siapkan Prokes

picsart 11 30 03.32.01
PROSESI - Salah satu prosesi dalam upacara Pedudusan Alit di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (30/11/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Bertepatan dengan Anggara Kasih Kliwon Medangsia, Selasa (30/11/2021), dilaksanakan upacara Pedudusan Alit di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung. Sama seperti sebelumnya, upacara pedudusan alit di kali ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) karena masih pandemi Covid-19.

Petugas dari Polsek Dawan yang dipimpin AKP Ida Ayu Made Kalpika Sari juga ikut turun melakukan pengamanan di lokasi. Pengamanan mulai dilakukan dengan menyeberangkan pamedek. Termasuk juga bersinergi dengan panitia piodalan untuk bersama- sama mengimbau semua pamedek yang tangkil agar tetap disiplin menerapkan prokes. Terutama tetap memperhatikan 3 M (menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan).

Baca juga :  Pengantin dan Ratusan Warga di Klungkung Diuji Cepat Antigen

“Imbauan ini disampaikan kepada seluruh pamedek yang ingin melangsungkan persembahyangan di Pura Goa Lawah. Apalagi di setiap pintu masuk areal Pura Goa Lawah sudah disediakan tempat untuk mencuci tangan,” ungkap Ida Ayu Made Kalpika Sari.

Sementara salah seorang Prajuru Pura Goa Lawah, Putu Juliadi, mengatakan kalau rangkaian Pedudusan Alit di Pura Goa Lawah sudah dimulai sejak tanggal 26 November dengan memasang taring. Puncaknya digelar Selasa (30/11/2021) dan dipuput Ida Pedanda dari Gria Dawan Klod. Setelah puncak Pedudusan Alit, Ida betara akan nyejer selama tiga hari dan masineb pada Kamis (3/12/2021).

Baca juga :  DPRD Klungkung Rancang Kenaikan Upah Tenaga Kontrak

“Kami tetap melaksanakan nyejer tiga hari karena hal ini sesuai purana yang ada di Pura Goa Lawah,” katanya.

Selain Pura Goa Lawah, saat bersamaan juga piodalan di Pura Pucak Sari yang letaknya tepat di utara bagian atas Pura Goa lawah. Pura Puncak Sari ini memang ada kaitannya dengan Pura Goa Lawah. Piodalan di Pura Pucak Sari dipuput Ida Peranda Gede Karang Putra Keniten dari Gria Satria Kanginan.

Untuk diketahui, sesuai historinya Pura Goa Lawah didirikan oleh Mpu Kuturan pada abad ke XI. Pura yang terletak di Pantai Goa Lawah ini termasuk salah satu Sad Khayangan yang terletak di arah tenggara. Selain itu Pura Goa Lawah juga disebutkan menjadi tempat Ida Padanda Sakti Wawu Rauh atau Dangyang Nirata untuk melakukan tirta yatra pada abad XVI. Hal ini terbukti dengan ditemukannya Padmasana di Pura Goa Lawah.

Baca juga :  Klungkung Siapkan Graha Sanggraha dan SKB Banjarangkan untuk Isolasi Terpusat

Selain sebagai pura Sad Khayangan, Pura Goa Lawah juga sebagai tempat upacara Nyegara Gunung karena kebetulan letaknya di tepi pantai. Pura Goa Lawah sendiri dikenal sebagai stana Dewa Maheswara dan Sanghyang Naga Basuki. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini