Krisis Dokter Spesialis Kandungan, Gaji Kecil Tenaga Kontrak Pilih Mengundurkan Diri

picsart 11 30 07.52.38
PERSALINAN - Proses persalinan di RSUD Gema Santi.

Semarapura, DENPOST.id

RSUD Gema Santi Nusa Penida, Klungkung mulai krisis tenaga dokter spesialis kandungan. Pasalnya, dokter sebelumnya yang berstatus sebagai Pendayagunaan Dokter Spesialis (PGDS) sudah habis masa kontraknya mulai, Rabu (1/12/2021). Sedangkan dokter spesialis kandungan yang berstatus tenaga kontrak provinsi juga mengundurkan diri.

Pengunduran diri dokter tersebut disebut-sebut karena gaji yang relatif minim.

Direktur RSUD Gema Santi, dr. I Ketut Rai Sutapa ketika dikonfirmasi mengakui kalau masa tugas tenaga PDGS, khususnya spesialis kandungan di rumah sakit sudah berakhir 30 November. Menurutnya, tenaga PDGS tersebut merupakan program dari Kementerian Kesehatan yang memiliki tugas setahun, terhitung dari 1 Desember 2020 hingga 30 November 2021.

“Ketika masa kontraknya habis, maka berakhir juga masa tugas PGDS tersebut di RSUD Gema Santi,” ungkap dr. Rai Sutapa, Selasa (30/11/2021).

Baca juga :  Gubernur Koster Harap 636 Desa Mampu Kelola Sampah Berbasis Sumber

Menurut dr. Rai Sutapa, sebelumnya RSUD Gema Santi memiliki dokter spesialis kandungan yang berstatus sebagai tenaga kontrak provinsi. Hanya saja, per 1 Desember 2021, yang bersangkutan resmi mengajukan pengunduran diri. Penyebab pengunduran diri dokter tersebut disebut-sebut karena gaji tergolong kecil, yakni hanya Rp14 juta. “Kontrak provinsi di RS Gema Santi, sejak Januari dan berakhir per 1 Desember. Mengundurkan diri karena gaji yang relatif kecil,” imbuhnya.

Baca juga :  Di Klungkung Satu PDP, di Badung Warga Meninggal

Menyikapi kondisi yang terjadi ini, dr. Rai Sutapa mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Sekda Klungkung agar tidak terjadi kekosongan pada unit pelayanan poliklinik kebidanan. Rencananya salah seorang dokter spesialis kandungan di RSUD Klungkung akan ditugaskan di RSUD Gema Santi. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini