Abrasi di Jineng Agung Makin Parah

tamba 1
ABRASI - Abrasi di Jineng Agung, Kelurahan Gilimanuk semakin parah.

Negara, DENPOST.id

Abrasi di kawasan pantai Jineng Agung, Kelurahan Gilimanuk, Jembrana kian parah. Dari informasi di lokasi, abrasi sudah terjadi sejak sekitar 7 tahun lalu. Abrasi mengikis sepanjang Pantai Jineng Agung dan bahkan sampai menggerus bagian kamar rumah warga. Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Selasa (30/11/2021) sore sempat meninjau lokasi abrasi pantai di Lingkungan Jineng Agung.

“Parahnya abrasi ini membuat kita akan terus mendesak pemerintah pusat untuk segera memperbaiki pantai ini. Kami akan kawal proses  bantuan pemulihan abrasi ini agar  dapat disetujui untuk direalisasikan,” kata Tamba.

Baca juga :  Tangkal Covid-19, Satpol Air Polres Jembrana Edukasi Nelayan

Dia mengatakan, apa yang didiskusikan dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) dan juga BSWBP terkait  rencana pembangunan Pelabuhan Gilimanuk sebagai Pelabuhan bertaraf internasional, tentu tidak mungkin daerah di sekitarnya akan dibiarkan jelek.

“Astungkara, tahun depan (2022) dapat terealisasi. Kita doakan, “ujar Tamba. Panjang garis pantai yang akan mendapatkan perbaikan di Jineng Agung mencapai 1 kilometer dengan anggaran Rp 40 miliar.

Baca juga :  ODGJ, Mayat yang Ditemukan di Pantai Pura Sumur Kembar

Abrasi tak hanya dialami kawasan pesisir Jineng Agung. Di wilayah Pebuahan juga sama. Untuk  abrasi di Pebuahan, kata Tamba, akan diperjuangkan tahun 2023. “Semua akan dikawal  dan diperjuangkan. Namun  karena keterbatasan anggaran, masyarakat harus maklum,” katanya.

Sementara Kepala Satuan Kerja PPK Sungai dan Pantai II Balai Sungai Wilayah Bali Penida (BSWBP) Kementerian PUPR, Made Denny Satya Wijaya, mengatakan, proyek perbaikan Jineng Agung ini sudah dianggarkan di pusat dan sudah ketok palu dan dapat direalisasikan tahun depan (2022). (120)

Baca juga :  Garap Anak Laki-laki, YSN Ditangkap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini