BMKG Imbau Waspadai Banjir Rob

picsart 12 01 08.00.23
CUACA - Update cuaca di jalur penyeberangan.

Kuta, DENPOST.id

Bali termasuk salah satu daerah yang berpotensi terjadi banjir rob atau naiknya air laut ke permukaan. Hal ini, dampak dari fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee (jarak bulan ke bumi).

Selain Bali, wilayah lain yang juga berpotensi dilanda banjir rob, yakni Aceh, Sumatera utara, Batam, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku, serta Sumatra Utara.

Baca juga :  Kondisi Bandara Ngurah Rai: Kedatangan Menurun, Keberangkatan Melonjak Tajam

Hal itu, diungkapkan Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam rilisnya, Rabu (1/12/2021).

Dijelaskannya, akibat perigee ini terjadi peningkatan pasang air laut secara maksimum yang lebih signifikan. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada, 2 sampai 9 Desember 2021. Guswanto juga menambahkan potensi banjir rob ini diprediksi akan terjadi dalam waktu berbeda di masing masing wilayah.

Baca juga :  Bulan Bahasa Bali, 25 Generasi Muda “Ngreka Baligrafi”

Kondisi ini, lanjut dia secara umum bisa menganggu aktivitas keseharian masyarakat di pelabuhan dan pesisir. Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas pemukiman di pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.
“Masyarakat diimbau selalu siaga dan waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” pungkasnya. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini