Puluhan Disabilitas Unjuk Bakat di UDG

picsart 12 02 06.14.33
LOMBA UDG - Sejumlah penyandang disabilitas, yang mengikuti lomba Utsawa Dharma Gita, di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, Kamis (2/12/2021)

Semarapura, DENPOST.id

Sebanyak 29 penyandang disabilitas mengikuti lomba Utsawa Dharma Gita (UDG) di Balai Budaya, Ida Dewa Istri Kanya, Klungkung, Kamis (2/12/2021). Selain untuk hiburan, lomba yang digelar Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung ini juga secara khusus mengundang para penyandang disabilitas untuk menyaksikan dan berkesenian.

Para peserta pun terlihat antusias mengikuti UDG tersebut. Salah satunya I Komang Edi (40). Penyandang disabilitas asal Buleleng ini tanpa canggung tampil di atas panggung mengeluarkan secarik kertas yang berisi tulisan braile, lalu merabanya untuk membaca tiap lantunan lirik.

Baca juga :  Berdayakan Perempuan Lewat Pelatihan Tata Rias

“Cukup kesulitan memang ketika menyambung pupuh pangkur, tapi saya akan terus belajar meskipun saya sudah biasa ikut lomba-lomba tingkat provinsi, ” ungkap penyandang tuna netra ini.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, I Gusti Agung Putra Mahajaya mengatakan lomba UDG ini sengaja digelar untuk memberikan panggung seni kepada para penyandang disabilitas. Terutama para penyandang disabilitas yang masih mampu produktif. “Lomba Utsawa Dharma Gita ini diikuti oleh 29 perserta yang merupakan disabilitas dari semua kabupaten di Bali. Untuk jumlah peserta dibatasi agar protokol kesehatan dapat diberlakukan. Apalagi saat ini masih dalam situasi pandemi,” ujarnya.

Baca juga :  Rambut Tak Rapi, Personel Polres Klungkung Ditindak Propam

Sementara Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta yang hadir membuka perlombaan tersebut sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan lomba yang dipusatkan di Kabupaten Klungkung. Apalagi lomba ini diikuti para penyandang disabilitas. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini