Prilla, IRT Dauh Pura Kreasikan Jagung Gembal untuk Berbagai Olahan Kue

picsart 12 05 12.19.18
KREASI KUE - Prilla Aryana (42) warga Dauh Pura, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, yang berkreasi menggunakan Sorgum menjadi berbagai macam kue.

Singaraja, DENPOST.id

Jagung Gembal atau Sorgum ikon Kota Singaraja, yakni lambang Kota Singaraja, Singa Bersayap yang tangan kanannya mencengkram Jagung Gembal. Seorang ibu rumah tangga
Prilla Aryana (42) warga Dauh Pura, Desa Panji, Kecamatan Sukasada berkreasi menggunakan Sorgum ini menjadi berbagai macam kue.

“Ada yang dicampur kacang, keju, coklat dan buah kering,” ucapnya, Minggu (5/12/2021) di kediamannya. Ibu tiga anak ini sebelumnya memang gemar membuat berbagai macam kue basah dan kering. Namun, bahannya menggunakan tepung beras atau terigu. Seiring geliat Pemkab Buleleng untuk memajukan UMKM, maka layaknya gayung bersambut.

Baca juga :  92 KK Terdampak Gempa, Kerusakan Capai 100 Titik

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pertanian mensosialisasikan penanaman Sorgum (Jagung Gembal) untuk tetap melestarikan tanaman yang menjadi ikon Buleleng. “Bahannya sudah ada, nah saya coba berkreasi untuk bahan olahan agar bisa bertahan lama. Hasilnya ya kue-kue kering yang dipadukan dengan kacang, coklat dan buah,” ungkapnya.

Memang Sorgum lebih mahal dengan bahan dasar terigu atau tepung beras, namun tekstur rasanya memang berbeda dan bagus untuk kesehatan. Ide untuk mengolah Sorgum ini dilakukannya di masa pandemi. “Sekitar setahun lalu saya mulai mencoba bikin kue berbahan sorgum ini. Setelah beberapa kali eksperimen, yaa kue ini bisa tahan lama dengan rasa yang tidak berubah,” imbuhnya.

Baca juga :  Langgar PPKM Mikro, Tim Gabungan Tutup Paksa Kafe Remang-remang

Dukungan dari Pemerintah Desa Panji pun memberi peluang untuk berkembangnya usaha rumahan ini dengan mengikuti pameran di sejumlah tempat. Dia berharap, kue olahan Sorgum ini bisa diterima masyarakat Buleleng maupun luar Buleleng.(118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini