Bupati Suwirta Berbagi Pengalaman dan Ilmu Koperasi di Denpasar

picsart 12 05 03.15.06
JADI NARASUMBER - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat menjadi narasumber pada acara Short Course Koperasi Mapan di Quest Hotel Room Arjuna Jalan Mahendradatta No.93 Denpasar, Sabtu (4/12/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Memiliki pengalaman selama 27 tahun bekerja di koperasi membuat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta sering menjadi narasumber pada kegiatan gerakan koperasi. Kali ini, Bupati Suwirta berbagi pengalaman membesarkan Koperasi Pasar Srinadi Klungkung ketika menjadi narasumber pada acara Short Course Koperasi Mapan di Quest Hotel Room Arjuna Jalan Mahendradatta No.93 Denpasar, Sabtu (4/12/2021).

Tidak hanya berbagi pengalaman, bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini juga berbagi ilmu hingga bisa membesarkan Koppas Srinadi menjadi salah satu koperasi terbesar di Bali. Dengan pengalaman 27 tahun di koperasi, Suwirta juga tidak sungkan menyampaikan kalau kariernya di koperasi diawali dari kolektor (tenaga upah pungut). Setelah itu, dipercaya sebagai manajer hingga membuat Koppas Srinadi besar sampai sekarang.

Baca juga :  Kelompok Wanita Tani di Klungkung Dikerahkan Tanam Cabai

“Intinya kita harus semangat dan inovatif. Konsep dari, oleh dan untuk juga sangat relevan menguatkan jati diri koperasi,” ujar Suwirta.

Menurut Suwirta, berbagai cara bisa dilakukan agar koperasi yang dikelola bisa berjalan sukses. Kunci sukses inipun bisa dilakukan tidak hanya melaksanakan tujuh prinsip koperasi, tapi ada beberapa cara yakni perlu adanya rasa memiliki, fokus, transparan, peka membaca dan menangkap peluang. Termasuk inovatif dan digitalisasi juga menjadi kunci sukses mengelola koperasi.

Baca juga :  Gerakan Pramuka Buleleng Wajib Edukasi Generasi Muda

“Pegang dengan baik kepercayaan anggota yang notabena menjadi pemilik koperasi. Yakinkan mereka makin merasakan dalam hal menikmati mengelola bisnis dengan sistem kebersamaan,” ungkap Suwirta. (c/119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini