Terpeleset, Dua Orang Bule Jatuh ke Jurang

picsart 12 05 06.57.46
JATUH KE JURANG - Petugas BPBD Gianyar, saat melakukan evakuasi terhadap dua orang bule yang jatuh ke dalam jurang di Kedewatan, Ubud, Gianyar.  

Gianyar, DENPOST.id

Dua orang bule, yakni Lee Mckay Tuaner (55) asal Minnesota, Amerika Serikat, dan Laurence Piers (55) asal Inggris, terpeleset dan jatuh ke dalam jurang dengan kedalaman 30 meter di sebelah timur Pura Dalem Suarga, Banjar/Desa Kedewatan, Ubud, Gianyar, Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 17.00 Wita.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya saja korban mengalami luka-luka dan kemudian dilarikan, serta dirawat di RS Ari Santi Mas Ubud.

Informasi yang berhasil dikumpulkan, Minggu (5/12/2021), menyebutkan sore itu rombongan puluhan orang wisatawan mengikuti tracking jogging. Mereka berangkat wilayah Lungsiakan menelusuri persawahan kemudian menuju Kedewatan, Ubud. Namun, ketika rombongan tiba di sebelah timur Pura Dalem Suarga, jalan turunan dan licin, tiba-tiba dua orang bule ini terpeleset dan jatuh ke dalam jurang dengan kedalaman 30 meter.

Karena medan berat dan jurang, sehingga diperlukan alat khusus. Atas musibah ini salah seorang rombongan minta bantuan kepada saksi I Komang Suarka Yasa, salah seorang pecalang yang sedang melaksanakan pengaturan arus lalin depan Pura dlDalem Suarga karena ada kegiatan agama (nguye).

Baca juga :  Bangunan Semi Permanen Roboh Timpa Warga

Selanjutnya saksi Suarka Yasa mengecek langsung ke TKP. Tiba di lokasi, saksi melihat ada dua orang asing yang jatuh dan serta merta melaporkan kejadian tersebut kepada Babinkamtibmas Desa Kedewatan, dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ubud guna penanganan lebih lanjut. 

Sekitar pukul 17.30 Wita, piket fungsi Polsek Ubud dipimpin Pawas Iptu Ngakan Nyoman Jaya Wijaya, mendatangi TKP dan melakukan olah TKP, serta mengecek terhadap keadaan korban.

Baca juga :  Gelombang Tinggi, Air Laut Genangi Areal Parkir RM Lebih

Sekitar pukul 18.00 wita, datang tim BPBD Kabupaten Gianyar dipimpin Kepala BPBD Gianyar,  Ida Bagus Putu Suamba langsung melakukan evakuasi dengan cara menggunakan tali yang diikat ke tubuh korban lalu ditarik ke atas bersama-sama oleh tim BPBD Gianyar, bersama personel Polsek Ubud.

Proses evakusi berlangsung lama karena medan cukup berat dan terjal. Pada pukul 19.00 Wita, kedua korban berhasil di evakuasi ke atas dalam keadaan selamat. Setelah korban dapat di evakuasi oleh tim BPBD Kabupaten Gianyar, selanjutnya korban dibawa ke RS Ari Canti, Mas, Ubud, dengan menggunakan kendaraan ambulan PMI Gianyar guna mendapat penanganan medis.

Baca juga :  46 Orang Positif Covid-19 dan Satu Pasien Meninggal di Denpasar

Kapolsek Ubud, AKP Made Tama mengatakan dari hasil pemeriksaan petugas medis RS Ari Canti Mas Ubud ditangani dr. Ayu, bahwa korban Laurence  terdapat luka lecet pada bagian kepala, pinggang dan kaki. Sementara korban Lee Mckay terdapat luka lecet pinggang, kaki dan mengalami sakit pada bahu sebelah kiri, serta seluruh tubuh. ”Mereka mengalami luka-luka karena terpeleset dan jatuh ke dalam jurang,” kata Kapolsek Ubud. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini