Gelombang Tinggi Rusak Warung dan Senderan di Pesisir Yehembang

tinggi 1
GELOMBANG TINGGI - Dampak gelombang tinggi menerjang pesisir Yehembang, Kecamatan Mendoyo. Senderan jebol dan sejumlah warung mengalami kerusakan.

Negara, DENPOST.id

Gelombang tinggi yang terjadi sejak Sabtu (4/12/2021) mengakibatkan pesisir selatan Jembrana diterjang banjir rob. Bahkan, gelombang tinggi yang terjadi Minggu (5/12/2021) tengah malam mengakibatkan warung-warung di Banjar Pasar Yehembang atau pinggir pantai Yehembang, Kecamatan Mendoyo, rusak parah.
Senderan pantai yang sudah rusak juga semakin rusak dan jebol.
Badan jalan tertutup material, Pura Pengayengan Baruna dan setra/kuburan Yehembang terancam hancur.

Baca juga :  Dua Pejabat Eselon II Pemkab Jembrana Dilantik

Pemilik warung, Komang Astawa, mengatakan, gelombang tinggi terjadi sejak Sabtu (4/12/2021) malam. Dan yang paling parah pada Minggu (5/12/2021) malam dan mengakibatkan warung miliknya hancur.
Cukup banyak kerugian yang diakibatkan bencana tersebut.

Made Dartini, pemilik warung lainnya, mengatakan, karena gelombang tinggi kerap terjadi di pantai Yehembang, dia kini mengungsi di sebelah utara jalan. “Dulu warung saya jauh di selatan. Tapi kami trauma karena melihat air sangat tinggi, terpaksa pindah ke utara jalan” jelasnya.

Perbekel Yehembang, I Made Semadi, mengatakan, pihaknya sudah melaporkan bencana alam ini ke BPBD Jembrana.
Dia mengimbau warganya untuk waspada akan gelombang tinggi. “Kami perkirakan gelombang akan lebih tinggi dua hari ke depan,” jelasnya.

Baca juga :  Polisi Cegat Warga yang akan Mudik

Menurut Semadi, abrasi terjadi sejak empat tahun lebih. Senderan pantai sudah jebol sejak lama dan belum ada penanganan. Pihaknya sudah mengusulkan untuk perbaikan sejak tahun 2019 lalu.
“Semoga nantinya ada penanganan. Kami khawatir dengan kondisi warga,” pungkasnya.

Dari informasi, gelombang tinggi juga merusak Pura Goa Tirta/Dasar di Rambut Siwi.
Sementara itu bencana alam juga terjadi di Medewi, Kecamatan Pekutatan di mana terjadi pohon tumbang. Banjir rob terjadi di Pengambengan, Kecamatan Negara dan abrasi kian parah di Pebuahan, Kecamatan Negara. (120)

Baca juga :  PTM di Jembrana Dibuka Saat PPKM Level 2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini