Rusak Kunci Palinggih, Maling Gagal Bawa Kabur Pretima

picsart 12 06 08.09.52
OLAH TKP - Polisi didampingi prajuru pura, saat melakukan olah TKP dugaan percobaan pencurian di Pura Gunung Sari, Desa Adat Peliatan, Ubud, Gianyar. 

Gianyar, DENPOST.id

Kasus pencurian dengan menyasar pura kembali kambuh. Pura Masceti Gunung Sari, Desa Adat Peliatan, Ubud, Gianyar disantroni maling. Maling sudah merusak kunci palinggih pura, namun tidak berhasil membawa kabur pretima.

Aksi pencurian diketahui, setelah pemangku pura ke lokasi dan menemukan gedong penyimpanen dirusak pencuri. Atas kondisi ini, kemudian dilaporkan kepada prajuru pura lanjut kepada polisi, Senin (6/12/2021).

Lokasi Pura Masceti Gunung Sari memang terpencil dan jauh dari pemukiman warga. Namun belakangan dilokasi ini banyak dibangun vila lengkap dengan satpamnya. Hanya saja, selama pandemi ini, vila-vila sepi penghuni dan penjagaan keamananpun kurang maksimal.

Kondisi sepi sekarang ini dimanfaatkan pelaku melakukan aksinya untuk membobol pura. “Mungkin saja saat pencuri beraksi ada petugas melintas, terlebih di bawah ada Posko Damkar yang aktif 24 jam,” kata I Nyoman Parsa, salah seorang pengemong pura. 

Baca juga :  Dijadikan Pembuangan Sampah, Sungai Emas Akan Disulap Jadi Ini

Sementara Bendesa Adat Peliatan, I Ketut Sandi mengatakan setelah menerima laporan adanya pengerusakan kunci palinggih pura, dirinya kemudian mengecek lokasi dan lanjut melaporkan ke kantor polisi. Setelah dilakukan pengecekan dan olah TKP oleh pihak kepolisian, tidak ada benda sakral yang hilang. 

Mengatisipasi kejadian serupa, pihak pengempon pura berencana mengaktifkan kembali pakemitan. Diakui, sebenarnya pakemintan masih berjalan, namun dihari-hari tertentu.

Kapolsek Ubud, AKP I Made Tama mengatakan atas dugaan percobaan pencurian ini, pihaknya sudah minta kepada prajuru untuk menyampaikan kepada masyarakat agar mengaktifkan kembali sistem pakemitan di pura. Karena dari kasus pencurian pratima yang pernah terjadi, pura yang lokasinya jauh dari pemukiman penduduk kerap menjadi sasaran pencuri. (116)

Baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Tampaksiring Lakukan Penling

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini