Beralasan Kepepet Penuhi Kebutuhan Hidup, Pelaku Bobol Kotak Sesari Dua Pura

picsart 12 06 08.10.56
DIAMANKAN - Tersangka (kamen kuning, jaket) setelah diamankan polisi.

Bangli, DENPOST.id

Aksi pencuriai uang sesari terjadi di Pura Bale Agung, dan Pura Bujangga, Desa Awan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Sabtu (5/12/2021) lalu. Pelaku membobol kotak sesari di kedua lokasi dan total uang yang diperkirakan berhasil diambil saat itu, mencapai Rp400 ribu.

Berawal saksi Jro Pider (62), Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 17.00 Wita, yang hendak melakukan upacara mecaru di Pura Bale Agung, Desa Awan. Saat itu, saksi melihat batang pohon bunga kamboja yang ada di areal pura patah dan menemukan sebuah topi warna hitam di dekat pohon bunga tersebut. Merasa curiga dengan hal tersebut, kemudian saksi mengecek di seputaran pura dan mendapati uang yang diperkirakan sebanyak Rp300 ribu di dalam kotak sesari sudah hilang.

Baca juga :  Sebagai Bentuk Konsistensi, Grup Astra Bali Adakan Astra Talks Penerima Apresiasi SIA 2021

Selanjutnya saksi juga mengecek isi kotak sesari yang ada di Paruman Pura Bujangga dan diperkirakan di dalam kotak sesari berisi uang Rp100 ribu juga sudah hilang. Selanjutnya saksi melaporkan kejadian itu ke Polsek Kintamani.

Atas laporan tersebut, Tim Opsnal Polsek Kintamani dipimpin Kanit Reskrim Polsek Kintamani, Iptu I Gede Sudhana Putra melakukan penyelidikan dengan memperdalam keterangan korban dan melakukan penyelidikan di seputaran TKP, dengan mencari saksi-saksi yang mengetahui kejadian tersebut. Selanjutnya unit opsnal memperoleh informasi yang terkait tentang pelaku pencurian yang terjadi.

Baca juga :  Evaluasi Prokes Cegah Covid-19, Polres Bangli Lakukan Ini

Di mana, di TKP pencurian ditemukan bukti topi warna hitam dan adanya pohon yang patah dan adanya warga Desa Awan yang tinggal di dekat pura dan pernah menggunakan topi yang sama, seperti topi yang di temukan di TKP pencurian uang sesari di kedua TKP tersebut.

Selang sehari setelahnya, petugas akhirnya berhasil mengungkap pelaku pencurian yang tak lain adalah warga setempat, bernama I Wayan Seneng alias Mangku Seneng (38). “Kami berhasil mengamankan terduga pelaku bersama dengan barang bukti uang sisa hasil pencurian tersebut,” kata Kapolsek Kintamani, AKP Benyamin Nikijuluw, Senin (5/12/2021).

Baca juga :  Satu PDP Diisolasi, Dinkes Lakukan Rapid Test di Selulung

Saat diintrogasi, tersangka mengakui perbuatannya telah mengambil uang di kotak sesari pada, Rabu (1/12/2021) sekitar pukul 21.00 Wita. Tersangka mengaku menggunakan uang hasil dari kejahatan untuk kebutuhan sehari-hari dan sisa Rp33 ribu disita polisi. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini