Di Gianyar, Kerugian Akibat Bencana Alam Capai Rp 1 M

rugi 1
EVAKUASI - Petugas gabungan melakukan evakuasi bencana alam tanah longsor dan pohon tumbang.

Gianyar, DENPOST.id

Bencana alam yang terjadi akibat hujan deras selama dua hari terakhir, telah menimbulkan kerugian materi yang tidak sedikit. Di wilayah Kabupaten Gianyar sejumlah pohon tumbang menimpa bangunan, menimpa kabel listrik dan telepon serta menutup akses jalan. Selain itu, bencana tanah longsor juga menyebabkan kerugian yang cukup besar. Bencana akibat hujan yang terjadi sejak Minggu (5/12/2021) hingga Senin (5/12/2021) memang tersebar di seluruh kecamatan di Gianyar.

Baca juga :  Empat Warga Gianyar Terpapar Corona, Seorang di Antaranya Pegawai Polda

Pihak BPBD Gianyar mencatat sebanyak 22 bencana alam terjadi di Kabupaten Gianyar. Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, Selasa (7/12/2021) memaparkan, dari 22 itu, 17 kasus sudah ditangani hari kedua Senin (6/12/2021) dan 7  sisanya ditangani Selasa ini. Dikatakannya, sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa. “Namun kerugian material akibat bencana alam mencapai Rp 1 miliar,” ungkapnya.

Suamba menambahkan, bencana alam ini ditangani tim gabungan BPBD Gianyar, TNI, Polri, PLN, petugas Telkom, Damkar serta dibantu masyarakat sekitar. “Tercatat 22 titik bencana alam, 15 sudah ditangani, 7 sedang ditangani,” katanya.

Untuk menangani bencana alam, BPBD Gianyar menerjunkan 30 orang personel yang bertugas secara bergantian.

Baca juga :  Satpol PP Tertibkan Bengkel Taruh Mobil "Pasuh" di Badan Jalan

Suamba mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati. Bila ada pohon dekat rumah yang membahayakan disarankannya agar dipangkas. Sementara bila ada pohon dekat pura dan tempat umum yang membahayakan bisa minta bantuan kepada petugas untuk memangkas.

“Dalam situasi cuaca ekstrem masyarakat kami minta waspada dan hati-hati dengan lingkungan sekitar,” tandasnya. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini