Di Manukaya, Tim Amanusa Lacak Kontak Erat Dengan Warga Terpapar Covid-19

telusur 1
LACAK - Tim gabungan saat melakukan pelacakan kontak erat dengan pasien terpapar Covid-19, di Banjar Maniktawang, Desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar.

Gianyar, DENPOST.id

Tim Ops Amanusa II Polsek Tampaksiring melakukan pelacakan (tracer) terhadap warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19 di Banjar Maniktawang, Desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar. Tim mencatat kontak erat dengan siapa saja, kemana saja dan bertemu dengan siapa pasien tersebut. Selain itu, tim tracer juga melaksanakan pengawasan terhadap masyarakat yang menjalani karantina mandiri di rumahnya serta memantau keperluan dari masyarakat tersebut.

Kapolsek Tampaksiring, AKP I Ni Luh Suardini, Rabu (8/12/2021) mengatakan, dalam pelacakan ini polisi dibantu TNI dan perangkat desa memasang stiker bertuliskan “Keluarga Ini Sedang Menjalani Isolasi Mandiri”di depan rumah warga yang terpapar Covid19.
“Tidak bisa seorang anggota tracer mengawasi satu per satu warga selama seharian penuh. Jelas memerlukan partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi, melayani dan peduli dengan masyarakat yang menjalani karantina. Karena itu, mari ikut berpartisipasi agar beban saudara-saudara kita yang tengah menjalani karantina menjadi lebih ringan,” imbaunya.

Baca juga :  Pelatihan E-Commerce, Pelaku UMKM Didorong Tingkatkan Digital Marketing

Suardini menekankan agar masyarakat ikut mengawasi kegiatan keluarga yang menjalani karantina. Apabila ditemukan pelanggaran, dia menyarankan warga menyampaikan ke Bhabinkamtibmas. “Dalam tracer ini kami sekaligus menyampaikan ke masyarakat yang lain bahwa keluarga dimaksud untuk sementara tidak bisa dikunjungi karena menjalani karantina,” katanya.

Suardini mengapresiasi personel tracer yang sudah melaksanakan tugas sesuai perintah pimpinan dengan semangat tanpa mengenal lelah dan membantu nakes dari Puskesmas I dan II Tampaksiring.

Baca juga :  Gianyar Mulai Vaksinasi Covid-19 Usia Anak

Selain dari Kapolsek, apresiasi juga datang dari salah seorang warga Gianyar, Wayan Sukarma. Dia menyatakan salut dengan semangat petugas untuk melakukan tracer. Tidak hanya saat melakukan pelacakan kontak erat, kesigapan petugas saat menjemput para lansia yang belum divaksin juga dipujinya. “Semoga para petugas selalu sehat dan tetap semangat. Saya sebagai warga juga mengucapkan terima kasih kepada petugas yang tidak mengenal lelah untuk mengingatkan warganya agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Mari dukung upaya pemerintah dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga imun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas agar pandemi cepat berlalu,” ajaknya. (116/suryaningsih)

Baca juga :  TPKAD Gianyar jadi Nominator TPKAD Award 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini