Ditimpa Pohon Kelapa, Rumah dan Sanggah Warga di Metulis Rusak

kelapa tumbang 1
TUMBANG - Sebuah pohon kelapa tumbang menimpa sanggah dan rumah milik Made Suryana di Banjar Metulis, Desa Dawan Kaler, Klungkung, Rabu (8/12/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Bencana pohon tumbang masih menghantui wilayah Klungkung beberapa hari terakhir. Rabu (8/12/2021), rumah dan sanggah milik I Made Suryana di Banjar Metulis, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Klungkung rusak ditimpa pohon kelapa. Petugas dari BPBD Klungkung telah turun melakukan evakuasi. Apalagi pohon kelapa yang tumbang tersebut juga menutup akses jalan.

Made Suryana sendiri terlihat pasrah dengan kondisi yang terjadi. Ia mengaku saat kejadian ada di rumah dan kaget mendengar suara gemuruh yang ada di rumahnya sekitar pukul 05.00 Wita. Setelah dicek keluar, ternyata pohon kelapa yang tumbuh di sebelah timur rumahnya tumbang menimpa sanggah dan atap rumahnya.

Baca juga :  Pujawali di Pura Penataran Ped Nusa Penida Digelar Sehari

“Saat kejadian saya ada di dalam rumah dan dengar suara gemuruh seperti gempa. Setelah saya cek keluar kamar, sanggah saya ditimpa pohon kelapa,” ungkap Suryana.

Menurut Suryana, pohon yang tumbang merupakan pohon kelapa yang sudah tua. Akarnya sudah lapuk sehingga tidak bisa menopang batang kelapa yang sangat tinggi. Ketika ada hujan dan angin, pohon setinggi lebih dari 15 meter itu langsung tumbang dan menimpa atap rumah dan sanggahnya.

Baca juga :  Simulasi Pengamanan Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Warga Saling Dorong dan Bakar Ban

Kejadian pohon tumbang inipun sempat mendapat perhatian Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta. Didampingi Camat Dawan, Dewa Widiantara, Kasta meninjau kondisi rumah dan sanggah milik Suryana yang rusak tertimpa pohon kelapa. Setelah melihat kondisi yang terjadi, Kasta mengimbau masyarakat agar segera melakukan mitigasi jika ada pohon besar yang rawan roboh karena sudah lapuk.

“Seperti diketahui, cuaca berubah dengan cepat dan lumayan ekstrem. Jadi jika ada pohon besar yang rawan roboh segera melakukan pencegahan dengan menebang terlebih dahulu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Baca juga :  153 Orang Berebut Jadi Nakes Covid-19 di RSUD Klungkung

Apabila tidak memiliki alat untuk melakukan penebangan, Kasta menyarankan masyarakat bisa menghubungi petugas BPBD. Selain meninjau kondisi rumah yang tertimpa pohon, Wabup Kasta juga menyerahkan bantuan sembako dari PMI kepada penyandang disabilitas yang kebetulan adik dari pemilik rumah yang tertimpa pohon. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini