Pemuteran Raih Penghargaan Desa Mandiri Inspiratif dari Kemenparekraf RI

muter 1
PENGHARGAAN - Desa Pemuteran meraih Penghargaan Desa Mandiri Inspiratif dari Kemenparekraf RI.

Singaraja, DENPOST.id

Sebagai salah satu desa yang terkenal sebagai destinasi wisata favorit, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak tidak jarang mendapat penghargaan baik skala nasional maupun internasional. Kali ini, desa yang terletak di ujung barat Kabupaten Buleleng itu berhasil meraih penghargaan sebagai “Desa Mandiri Inspiratif”dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atau Kemenparekraf RI.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Rabu (8/12/2021) mengatakan, masyarakat Buleleng patut berbangga hati atas prestasi yang diperoleh Desa Pemuteran.
“Kita di Buleleng patut berbangga karena memiliki Desa Pemuteran yang sudah amat terkenal dengan biorock-nya dan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di sana telah berkembang begitu pesat,” jelasnya.

Baca juga :  Hadirkan Solusi Bagi Petani Garam Bali, Warga Salut dengan Sepak Terjang Gubernur Koster

Lanjut Dody, prestasi tersebut dapat diraih Desa Pemuteran tidak lain berkat warisan budaya, kekayaan alam, dan kreativitas masyarakatnya yang dijadikan landasan untuk mengembangkan desa wisata.
Selain itu, penghargaan itu juga menjadi bukti bahwa Desa Pemuteran dapat berjalan secara mandiri secara berkelanjutan tanpa terlalu bergantung secara finansial kepada pemerintah baik daerah maupun pusat.

“Jadi tidak tergantung lagi pada dana pemerintah, kemudian anggaran dari kementerian, dan mereka sudah bisa berkelanjutan,” imbuhnya.

Baca juga :  Ops Lilin Agung 2021, Mabes Polri Apresiasi Kinerja Polres Buleleng

Sementara itu, I Ketut Sutrawan Selamat atau akrab disapa Wawan Ode selaku Ketua Pokdarwis mengatakan pihaknya melanjutkan semua yang sudah diwariskan oleh pendahulunya.
“Program kerja prioritas yang dikerjakan meliputi perawatan terumbu karang, konservasi penyu, dan penghijauan Bukit Batu Kursi,” katanya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini