Penyandang Disabilitas Turut Awasi Pemilu 2024

picsart 12 08 08.42.41
PENGAWAS PEMILU - Acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipasitif bersama para penyandang disabilitas di Waterboom Sidembunut (WBS), Rabu (8/12/2021)

Bangli, DENPOST.id

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangli, mengajak penyandang disabilitas untuk ikut serta dalam mengawasi perhelatan Pemilu dan Pilkada 2024. Meskipun memiliki keterbatasan, para penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Demikian dipaparkan Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Muliarta dalam acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipasitif yang dipusatkan di Waterboom Sidembunut (WBS), Rabu (8/12/2021).

Baca juga :  Polisi Dalami Perampokan Rumah di Sidembunut

Dihadapan para penyandang disabilitas, Muliarta berharap dengan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada para penyandang disabilitas terkait hak dan kewajiban dalam Pemilu/Pilkada. Salah satu hak yang didapat mereka, yakni terdaftar dalam DPT atau tidak. “Mereka bisa melakukan pengawasan partisipatif agar yang terlibat dalam Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, tetap menaati regulasi. Mereka juga diharapkan aktif melaporkan jika menemukan dugaan pelanggaran,” sebut Muliarta.

Sementara Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Widyardana Putra yang hadir dalam sosialisasi tersebut mengatakan partisipasi dapat dilihat dengan adanya keingintahuan dan pengetahuan terhadap sesuatu. Maka dari itu, partisipasi dilakukan secara langsung untuk bisa menyampaikan sesuatu dari hati ke hati. Hal-hal dalam proses berdemokrasi yang harus dipahami adalah proses kesetaraan. (128)

Baca juga :  Esports Piala Presiden, Empat Cabang Game Lahirkan Juara Baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini