Garong Gondol Seperangkat Gemelan Seharga Puluhan Juta

gong
PERIKSA BALE - Polisi memeriksa bale di Pura Luhur Pucak Paruman di Banjar Adat Batannyuh, Desa Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan, Rabu (8/12) kemarin. (DenPost.id/ist)

Tabanan, DenPost.id

Pura Luhur Pucak Paruman di Banjar Adat Batannyuh, Desa Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan, disatroni kawanan garong. Kejadiannya diketahui pada Selasa (7/12/2021) sore lalu. Seperangkat gamelan dilaporkan hilang.

Polisi masih menyelidiki kasus pencurian yang diperkirakan mengakibatkan pengempon pura setempat mengalami kerugian hingga Rp 30 juta. “Kami sudah melakukan olah TKP dan melakukan penyelidikan untuk mendalam kejadiannya,” kata Kapolsek Marga, AKP I Gede Budiarta, Rabu (8/12/2201).

Baca juga :  Cemburui Suami, Istri Minum Cairan Disinfektan

Menurutnya, kasus pencurian tersebut diketahui saat seorang warga, I Wayan Kasna (65), hendak menyalakan lampu di jaba tengah pura. Sesampainya di halaman pura, Wayan Kasna melihat dua pintu bale penyimpenan terbuka. “Saat saksi mengecek bale, ternyata sejumlah panggul gamelan hilang. Setelah dicari, ternyata tercecer di halaman tengah pura,” beber Budiarta.

Wayan Kasna, yang curiga jika pura disatroni pencuri, lalu mengecek peti penyimpanan gamelan. Dia mendapati beberapa gamelan raib dari tempat semula. Setelah dicek ulang, total 18 piranti gamelan gong beleganjur hilang seperti delapan reong, dua ponggang, tawa-tawa, klenang dan 6,5 set ceng-ceng. “Selain itu lampu penerangan di Pura Luhur Pucak Paruman dirusak dan dilepas oleh pencuri,” tega Budiarta.

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Pun Dibekali APD

Dia memperkirakan pencuri beraksi pada Senin (6/12) malam lalu. Kejadiannya diketahui pada Selasa (7/12) sore. “Saya sudah sampaikan ke semua pihak kalau bisa nanti pura agar dilengkapi CCTV untuk pemantauan. Apalagi sekarang CCTV sudah bisa dipantau lewat handphone (HP). Kalau mengandalkan tenaga konvensional seperti saat ini memang agak sulit. Kalau kita juga gunakan tenaga masyarakat untuk berjaga atau makemit kan kasihan. Mungkin  CCTV akan membantu,” ungkap Budiarta. (yan)

Baca juga :  Jalan Bergelombang, Truk Oleng

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini