BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021

picsart 12 10 07.06.54
UMKM - Pembukaan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

JAKARTA, DENPOST.id

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus menjadi perhatian utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai bank terbesar di Indonesia. Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BRI ke-126, BRI pun mewujudkan dukungan tersebut melalui penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

Rangkaian acara yang berlangsung pada 9-16 Desember 2021 ini mengusung tema “Dari Indonesia untuk Dunia”. Adapun peserta yang berpartisipasi mencapai 500 UMKM yang telah terpilih melalui serangkaian proses kurasi.
Dalam opening ceremony yang dilakukan secara virtual pada Kamis (9/12/2021), hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri BUMN RI, Erick Thohir; Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki; Komisaris Utama BRI, Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama BRI Sunarso.

Sunarso mengatakan, BRI terus mempersiapkan journey nasabah UMKM untuk naik kelas. Salah satu strategi yang dilakukan adalah mendorong nasabah UMKM menembus pasar ekspor melalui event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.
“BRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan UMKM. Semoga event ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif pada kemajuan dan pengembangan kapasitas UMKM Indonesia,” katanya.

Menteri Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya secara virtual juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan event ini. Dengan membeli dan menggunakan produk UMKM indonesia, menjadi bukti atas kecintaan terhadap produk indonesia.

Baca juga :  Hermanto Bisa Bangun Dua Rumah Gara-gara Jadi AgenBRILink

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN RI Erick Thohir juga mendorong masyarakat untuk terus bangga memakai produk asal Indonesia. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 sendiri dinilai penting sebagai momentum UMKM untuk survive dan menjawab tantangan dalam pemulihan ekonomi.

Menteri Teten Masduki pun mengapresiasi BRI sebagai bank yang senantiasa konsisten mendampingi UMKM, baik dari sisi pembiayaan maupun pelatihan. “Semoga UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Selama pandemi, BRI terus berupaya menyelamatkan UMKM melalui restrukturisasi kredit. Total restrukturisasi kredit mencapai Rp 241 triliun kepada lebih dari 2,9 juta nasabah yang mayoritas adalah UMKM. Sampai Oktober 2021, outstanding kredit direstrukturisasi BRI juga sudah menurun menjadi Rp 163 triliun untuk 2,2 juta nasabah. Adapun untuk penyaluran kredit BRI hingga September 2021, nilainya mencapai Rp 749,3 triliun atau setara 80,5% dari total Kredit BRI yang sebesar Rp 877,6 triliun.

Baca juga :  Lihadnyana Sidak dan Semprotkan Disinfektan di Dalung

Dalam acara acara ini BRI telah mengundang buyer internasional dari 30 negara yang akan dipertemukan dalam business matching. Kedua belah pihak dapat bernegosiasi dan melakukan penawaran produk UMKM nasabah binaan BRI.
Selain itu juga dihadirkan berbagai talkshow cerita inspiratif sebagai motivasi untuk pelaku UMKM.

Dirut BRI, Sunarso mengisi acara ini dengan berbagai cerita dan pengalaman menarik sebagai seorang banker.
Kemudian akan tampil juga Indrawan Nugroho, seorang konsultan inovasi dan YouTuber yang akan bercerita tentang prosesnya mengelola UMKM atau perusahaan rintisan (startup). Selain itu ada Chitra Subijakto, seorang perancang busana sekaligus peraih beberapa penghargaan penggiat lingkungan juga akan meramaikan sesi Inspiration Talks. Selanjutnya, Angkie Yudistia, seorang difabel dan pendiri usaha Thisable Enterprise juga hadir memberikan motivasi dan strategi dalam berkarya.

Baca juga :  Siswi Jembrana Kembali Terpilih Jadi Paskibraka Nasional

Tak hanya itu, BRI juga mengundang berbagai narasumber dan performer dari kalangan public figure, selebriti, penyanyi dan para ahli dari berbagai latar belakang. Untuk music performance akan menampilkan Maliq & D’Essentials. Adapula fashion show dari beberapa model ternama yang mengenakan produk fashion hasil kreasi UMKM.
Masih berkaitan dengan fashion, dalam acara ini juga digelar workshop DIY (Do It Yourself) Yuk Berkreasi yang merupakan pelatihan membuat rajutan crochet dan macramé.
Untuk kegiatan podcast BRILIANPRENEUR 2021, para selebriti dan pelaku UMKM inspiratif akan membahas tentang pengelolaan bisnis di kalangan generasi milenial. Adapun pengisi acara podcast antara lain Ivan Gunawan, Gading Marten, Tarra Budiman, Ariy Arka, Tasya Farasya, Ken & Grat, dan Diana Henry.

Untuk menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan, masyarakat dapat mengakses website www.brilianpreneur.com.
Keywords: BRI, BBRI, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, UMKM, BRILIANPRENEUR, Expo UMKM. (*/111)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini