Pantai Berawa Dikepung Sampah Kiriman

picsart 12 12 09.03.35
SAMPAH MENUMPUK - Sampah kiriman di Pantai Berawa yang menumpuk.

Mangupura, DENPOST.id

Sampah kiriman kembali menerpa kawasan pantai di Badung. Pantai yang kini terdampak, yakni Pantai Berawa, Desa Tibubeneng, Kuta Utara.

Pantauan, Minggu (12/12/2021), sampah kiriman menumpuk hingga mendekati Hotel Legong Keraton Beach. Tampak juga perugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan melakukan pembersihan di pantai tersebut.

Tak tangung-tangung sampah kiriman di Pantai Berawa dan sekitarnya mencapai 400 ton. Tidak hanya itu, besarnya volume sampah kali ini juga menyebabkan beberapa penyu terdampar.

Bendesa Adat Berawa, Wayan Warsa mengatakan sampah kiriman mulai datang sejak tiga hari belakangan. Sampah kiriman tersebut, ada beberapa jenis seperti ranting pohon, kayu berukuran besar dan plastik. Pihaknya selaku pengelola pantai pun sudah kewalahan mengatasi sampah kiriman tersebut.

Baca juga :  Paparkan Program PPNSB, PDIP Bangka Belitung Undang Wabup Suiasa

“Sampah yang datang sejak tiga hari terlalu banyak membuat kami kewalahan. Sejak kemarin kami sudah dibantu oleh DLHK Badung untuk penanganan sampah,” ujar Warsa.

Menurut dia, sampah kiriman saat ini merupakan sampah terbesar. Dari beberapa tahun belakangan saat ini, sampah juga menyebabkan puluhan penyu terdampar. Bahkan ada beberapa yang tidak bisa diselamatkan. “Penyu yang terdampar ini kemungkinan tersangkut sampah, banyak yang menemukan dan langsung dilepas ke pantai. Tetapi banyak juga yang sudah mati salah satunya penyu sisik,” ungkapnya.

Baca juga :  Saluran Pipa Distribusi Bermasalah, Pasokan Air PDAM Terganggu

Sementara Kabid PengelolaanKebersihan dan Limbah B3 DLHK Badung, Putu Suantara menerangkan sampah kiriman berjumlah besar mulai muncul sejak, Jumat (10/12/2021) malam, sehingga pihaknya langsung menurunkan tim sejumlah 350 orang pada Sabtu (11/12/2021). “Sampai saat ini pun kami masih melakukan pembersihan. Volume sampah ini cukup besar mencapai 400 ton atau 200 truk. Sampah ini ditemukan dari Pantai Batu Belig sampai Pererenan,” terang Suantara. (115)

Baca juga :  Pasien Covid-19 di RSUD Klungkung di Bawah 50 Orang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini