Nusa Penida Diterjang Banjir, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak

bandang 1
BANJIR - Kondisi banjir yang terjadi di Nusa Penida, Klungkung, Senin (13/12/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Hujan deras yang mengguyur wilayah Nusa Penida, Klungkung, Minggu (12/12/2021) malam hingga Senin (13/12/2021) dini hari mengakibatkan beberapa desa diterjang banjir. Bahkan ketinggian air mencapai 1,5 meter dan menggenangi perumahan warga. Selain itu tak sedikit fasilitas umum seperti jalan dan jembatan rusak diterjang banjir bandang.

“Saat ini di beberapa titik di Nusa Penida tergenang banjir. Semoga airnya cepat surut,” ungkap Camat Nusa Penida, I Komang Widiasa Putra.

Baca juga :  Gubernur Sucikan Roh Korban Letusan Gunung Agung dan G30S PKI di Eks Galian C

Informasi sementara, banjir menerjang rumah warga di beberapa desa yaitu Desa Suana, Desa Sakti, Desa Ped, dan Desa Kutampi. Banjir mulai terjadi sekitar pukul 03.00 Wita. Sejumlah jalan dan pemukiman rumah warga saat ini juga dipenuhi lumpur dan material seperti batu dan kayu yang terbawa banjir.

Selain itu beberapa fasilitas umum, seperti jembatan di timur Pura Dalem Ped dan jalan di Dusun Ponjok Desa Kutampi jebol. RS Gema Santi juga ikut terendam banjir. Bahkan, destinasi Crystal Bay juga porak poranda akibat diterjang banjir tersebut.

Baca juga :  Setahun Diburu, Tersangka Kasus Penipuan Ditangkap di Kalimantan Selatan

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, meminta semua OPD terkait mengatur personel untuk menangani musibah banjir bandang di Nusa Penida. “Semua OPD terkait agar kirim tim ke Nusa Penida,” jelas Suwirta.

Selain BPBD, Suwirta meminta Perumda Air Minum untuk mengantisipasi pipa putus pascabencana banjir. Termasuk meminta PLN untuk memantau kabel putus. Damkar Nusa Penida diarahkan untuk lakukan penyemprotan lumpur. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini