Gianyar Raih Penghargaan Penyaluran Dana Desa Tercepat 2021

picsart 12 13 07.05.03
TERIMA PENGHARGAAN - Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, saat menerima penghargaan penyaluran dana desa tercepat di halaman belakang Kantor Bupati Gianyar, Senin (13/12/2021)

Gianyar, DENPOST.id

Pemerintah Kabupaten Gianyar meraih penghargaan posisi ke-2 se-Bali, dalam Penyaluran Dana Desa Tercepat Tahun 2021, dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Kementerian Keuangan RI. Penyerahan piagam penghargaan diterima Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, mewakili Bupati Gianyar, Made Mahayastra, dan didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dewa Ngakan Ngurah Adi, di halaman belakang Kantor Bupati Gianyar, Senin (13/12/2021).

Sekda Gianyar, Wisnu Wijaya mengatakan penghargaan yang didapat ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara OPD terkait, dengan semua perbekel di bawah komando Bupati Gianyar.  “Di bawah kepemimpinan Bupati Gianyar, Bapak Made Mahayastra selalu ditekankan bahwa pengelolaan keuangan, khususnya dana desa harus dikelola dengan transparan, akuntabel, efisien dan tepat waktu terutama dalam hal regulasi untuk pengamprahan dana desa. Semua telah disiapkan jauh sebelumnya, seperti untuk pengamprahan tahun 2022, segala persyaratan regulasinya telah disiapkan Desember 2021 ini, sehingga Januari 2022 dana desa sudah ditransfer ke rekening desa masing-masing. Dengan demikian, pemerintah desa dengan cepat dapat memanfaatkan dana desa tersebut sesuai rencana,” jelas Sekda Wisnu Wijaya.

Baca juga :  Ngamuk, Dua ODGJ Diamankan Satpol PP

Dikatakannya, Pemkab Gianyar telah menyalurkan dana desa 2021, secara tuntas kepada 64 desa yang ada di Gianyar pada Oktober lalu, dengan total dana sebesar Rp65 miliar.

Sementara Kadis PMD Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi mengatakan kecepatan penyaluran dana desa ke masing-masing desa tergantung pada kecepatan pihak desa dalam melengkapi dokumen pengamprahan. “Perbekel dan aparat desa di Kabupaten Gianyar, sangat cepat dan sigap dalam penyerapan dana desa, sehingga tidak ada kendala. Sebab, jika tahap I saja mereka tidak bisa merealisasikannya maka dipastikan tahap selanjutnya juga tidak bisa direalisasikan, sehingga dana tersebut tidak terserap dan kembali ke kas negara,” jelas Ngakan Adi. 

Baca juga :  Di Gianyar, Ratusan Satuan Pendidikan Terdaftar Gunakan Kurikulum Merdeka

Sebelumnya, Pemkab Gianyar juga meraih penghargaan terkait pengelolaan dana desa, yakni ranking 2 se-Bali Pengelolaan Dana Desa 2019, dan juara 1 se-Bali Pengelolaan Dana Desa 2020. Pengelolaan dana desa terkait dengan penyaluran dan pemanfaatannya. Penghargaan Pengelolaan Dana Desa mulai diselenggarakan semenjak tahun 2019, sedangkan Penghargaan Kecepatan Penyaluran Dana Desa baru diselenggarakan tahun ini, di mana Pemkab Gianyar meraih ranking 2, ranking 1 diraih Kabupaten Badung, dan ranking 3 diraih Kabupaten Tabanan. (116)

Baca juga :  Dewan Gianyar Monitoring Pembangunan Dua Pasar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini