Abrasi Pantai Kuta Kian Mengkhawatirkan

picsart 12 13 07.38.18
ABRASI - Abrasi Pantai Kuta, yang semakin mengkhawatirkan.

Kuta, DENPOST.id

Gerusan ombak yang menyebabkan abrasi Pantai Kuta semakin parah. Bahkan abrasi semakin mendekati areal Setra Asem Celagi, Desa Adat Kuta, dan membuat banyak pohon tumbang dan akarnya terlihat.

Abrasi yang kian mengkhawatirkan ini, diakui Bendesa Adat Kuta, Wayan Wasista yang dikonfirmasi, Senin (13/12/2021).

“Sebenarnya sudah hampir di sepanjang pantai, mulai dari sekitar setra hingga Pos Balawista itu, sudah parah sekali abrasinya. Rata-rata sekitar lima meter pasir pantai sudah tergerus. Bahkan untuk yang di sekitar setra, saya rasa bisa mencapai 10 meteran,” papar Wasista.

Melihat kondisi ini, Wasista berharap agar program yang dicanangkan pemerintah, yakni penambahan pasir bisa segera terealisasi. Apalagi ke depan ini akan ada banyak pertemuan Internasional yang terselenggara di Bali, yang kemungkinan pesertanya juga berkunjung ke Pantai Kuta.

Baca juga :  TP PKK Badung Laksanakan Baksos di Pura Pucak Entapsai Bon Petang

“Kabarnya nanti akan ada semacam penambahan pasir. Nah, saya berharap agar itu bisa dilakukan sesegera mungkin. Karena ini abrasinya sudah sangat parah,” tegasnya.

Sementara Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksana Jaringan Sumber Air (PJSA) Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida, Made Denny Setya Wijaya secara terpisah mengatakan kalau pihaknya sudah sempat melakukan pemantauan langsung terhadap perkembangan abrasi di Pantai Kuta, belum lama ini.

Baca juga :  Di Karangasem, 103 Kendaraan Mewah Menunggak Pajak

Hal ini, berkaitan dengan rencana berupa program Bali Beach Conservation Project (BBCP) Phase II. Di mana, desainnya nanti akan terselesaikan sampai dengan akhir Desember ini. Bahkan sekarang mungkin sudah masuk ke tahap finalisasi. “Nanti Januari 2022, kami lakukan sosialisasi kepada stakeholder terkait mengenai desain tersebut, dan setelah itu baru proses tender,” jelasnya.

Tender ini kata dia diperkirakan terlaksana pada pertengahan tahun 2022, sekitar Agustus atau September. Khusus untuk di depan Pos Balawista dan seputaran itu, yang abrsinya cukup parah juga konsepnya nantinya pengisian pasir saja. (113)

Baca juga :  Lomba Fotografi Drupa Community Angkat Tema Prawedding Bali Klasik dan Modern

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini