Penuhi Kebutuhan Darah, Desa Perlu Siapkan Data Pendonor

gianyar donor 1
DONOR DARAH - Kegiatan sosial donor darah diselenggarakan di Wantilan Pura Dalem Desa Guwang.

Gianyar, DENPOST.id

Kebutuhan akan darah sangat tinggi, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Sayangnya tingginya kebutuhan darah tidak sebanding dengan pendonor. Akibatnya, Palang Merah Indonesia (PMI) kerap kekurangan stok darah. Untuk itu, Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) menggelar aksi donor darah melibatkan komunitas dan masyarakat umum.

Ketua PDDI Daerah Bali, Ketut Priggantara, Selasa (14/12/2021) mengatakan, donor darah berlangsung di Wantilan Pura Dalem Guwang, Sukawati, Gianyar belum lama ini.
Dia mengajak pemerintah khususnya PMI di setiap desa perlu membuat data base pendonor yang bisa menyumbangkan darah secara rutin maupun sifatnya mendadak.

Baca juga :  Melarikan Diri, ODGJ Diamankan di Sawah

Priggantara juga mengajak generasi muda di setiap desa memiliki kesadaran mendonorkan darahnya. Dengan mendonorkan darah, secara langsung bisa mengetahui kesehatan dari darah yang mereka sumbangkan. “Di setiap banjar bisa dibentuk kelompok donor darah sehingga bisa secara rutin atau bisa membantu memenuhi kebutuhan darah terutama yang sifatnya mendadak,” harapnya.

Bendesa Desa Adat Guwang, I Ketut Karben Wardana, menyampaikan, Desa Guwang sudah rutin mengadakan kegiatan donor darah baik yang diselenggarakan seka teruna dan di tingkat desa diselenggarakan oleh karang taruna. “Kami di Desa Guwang sudah ada data base warga yang aktif sebagai pendonor,” jelas Karben Wardana.

Baca juga :  Banjar Abasan Siapkan Ruang Terbuka Hijau untuk Bermain Anak

Anggota Komisi VI DPR RI asal Gianyar, I Nyoman Parta mengaku sudah banyak merangkul generasi muda agar ikut bergabung dalam komunitas pendonor. Kegiatan donor darah tersebut merupakan bagian dari Yadnya. “Ketika dalam masa pandemi tidak memiliki uang untuk disumbangkan, masyarakat masih bisa menyumbangkan darahnya untuk masyarakat lain yang membutuhkan darah. Semakin sering mendonorkan darah, semakin sehat, karena sebelum berdonor diawali proses pemeriksaan kesehatan,” tegasnya. (116)

Baca juga :  Polres Gianyar Gelar Vaksinasi Serentak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini