Ajak Warga Tak Cemaskan Omicron, Pangdam: yang Penting Taat Prokes

picsart 09 24 06.26.30
Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak

Sumerta, DENPOST.id

Virus Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi di Indonesia. Informasi itu disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadakin, Kamis (16/12/2021) secara daring. Dari hasil pemeriksaan, pasien tidak mengalami gejala identik dan kini telah dinyatakan negatif. Kondisi ini menjadi tantangan baru khususnya bagi Bali, yang berharap kunjungan wisata pada akhir tahun 2021 ini.

Tentang Omicron, Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, menyebut bahwa daya tular varian baru ini sangat cepat. Dia mengajak masyarakat Bali agar tak panik menyikapi kehadiran varian baru itu.
“Jangan sampai terpengaruh gosip, tenang saja sudah, yang penting kita taat protokol kesehatan (prokes),” ujarnya, Kamis (16/12/2021) saat jumpa media di Media Center Korem IX/ 163, Jl. Melati, Denpasar.

Baca juga :  Diduga Depresi, Pemandu Wisata Asal Jepang Bunuh Diri

Kendati daya tular varian ini relatif cepat, dia menyebut penelitian medis menunjukkan varian ini menyebabkan kematian relatif kecil. Soal penerapan prokes di Bali, dia mengaku tak khwatir. Menurutnya masyarakat semakin menyadari penerapan prokes dalam mencegah penularan Covid-19. Selain kedisiplinan masyarakat menerapkan prokes, layanan vaksinasi di Bali terus digencarkan.

Saat ini, kata dia, Pemerintah mulai melakukan vaksinasi terhadap anak usia 6 tahun sampai 11 tahun. Dia optimis tambahan kasus Covid-19 di Bali dapat ditekan dengan sinergi pemerintah, aparat dan masyarakat.
Kedisiplinan menerapkan prokes menurutnya harus semakin disiplin menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang. “Yang penting terapkan 3T, 3M dan prokes. Semua orang kira-kira sudah ngertilah, kalau ketemu orang baru, pakai masker, jaga jarak,” ujarnya.

Baca juga :  Kasus Baru Bertambah 474, Pasien Meninggal 34, Sembuh Tetap Tinggi

Sementara, Kepala Satpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Darmadi, menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan terkait penerapan prokes serangkaian Natal dan Tahun baru. Dia mengaku telah menjajaki sinergi bersama Satpol PP Provinsi Jawa Timur untuk melakukan pengawasan prokes di masing-masing pelabuhan.
Satpol PP Jatim melakukan pengawasan di Pelabuhan Ketapang, Satpol PP Bali mengawasi Pelabuhan Gilimanuk. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini