Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana Kontrol Populasi Anjing

operasi anjing 1
STERILISASI - Kegiatan sterilisasi anjing dan kucing dilaksanakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Kamis (16/12/2021) di Balai Banjar Bale Agung, Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo.

Negara, DENPOST.id

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jembrana mengontrol populasi hewan penular rabies (HPR) lokal dan vaksinasi rabies di Banjar Bale Agung, Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Kamis (16/12/2021).
Kabid Kesehatan Hewan, Wayan Widarsa, mengatakan, upaya ini dilakukan untuk menekan populasi anjing dan pencegahan rabies.

Dari kegiatan tersebut, petugas mensteril anjing sebanyak 36 ekor, steril kucing 12 ekor dan vaksinasi rabies 54 ekor.
Sterilisasi menyasar anjing liar baik jantan maupun betina serta vaksinasi di titik-titik rawan populasi anjing dan rabies. Kegiatan ini juga disertai vaksinasi rabies bagi HPR milik warga sekitar, baik kucing atau anjing. Steril yang dilakukan dengan cara kastrasi untuk anjing jantan dan ovario histeroktomi untuk anjing betina.

Baca juga :  Korban Banjir Bandang Perlu Prioritas, Ini Harapan Wakil Rakyat

Dengan cara ini diharapkan bisa menghentikan melonjaknya populasi anjing, sehingga dapat mencegah rabies. “Tujuan utamanya untuk menekan populasi, agar anjing yang dilepasliarkan tidak terus beranak,” tandasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini